by

Inovasi Teknologi yang Belum Berhasil Diciptakan

KOPI, Jakarta – Seiring dengan perkembangan zaman, ada banyak inovasi dan teknologi baru yang ditemukan atau yang kembangkan dengan tujuan tertentu. Namun dari semua jenis teknologi yang sudah ada saat ini, masih ada inovasi teknologi yang belum ada ataupun masih dalam konsep saja.

Hal tersebut disebabkan karena berbagai macam faktor. Mulai dari keterbatasan dana hingga belum ada yang dapat membuatnya. Untuk mengetahui apa saja teknologi tersebut, simak informasi berikut.

Mesin Waktu

Bukan sekali dua kali saja jika keinginan memiliki mesin waktu terucap. Apalagi banyak film yang mengangkat kisah mengenai mesin waktu dan peristiwa misterius yang pernah terjadi. Walaupun begitu, sebenarnya teknologi yang belum ada ini sudah banyak diteliti.

Sayangnya, hingga saat ini belum ada hasil yang memuaskan dan benar-benar bagus. Karena hal tersebut, teknologi ini masih belum ada hingga saat ini.

Jika pun ada, maka apa yang akan terjadi tidak hanya untuk saat ini namun juga untuk masa lalu dan masa depan? Bahkan adanya mesin waktu ini dapat mengacaukan masa lalu, sekarang dan masa depan.

Mesin Teleportasi

Hampir sama dengan mesin waktu, jenis mesin teleportasi juga belum ada hingga saat ini. Mesin teleportasi adalah mesin yang dapat dipergunakan untuk memindahkan objek dari tempat yang satu ke tempat yang lainnya. Objek ini bisa manusia ataupun objek lainnya yang memiliki partikel.

Dengan adanya mesin teleportasi ini manusia sudah tidak membutuhkan alat transportasi dan meminimalisir keterlambatan. Bahkan Anda juga bisa mengunjungi banyak tempat dalam waktu yang singkat tanpa perlu mengeluarkan uang terlalu banyak.

Sistem Transportasi Cerdas

Seperti yang diketahui saat ini sudah ada inovasi dalam teknologi yang disebut dengan artificial intelligence atau kecerdasan buatan. Selain itu juga sudah ada IoT yang bisa diaplikasikan untuk banyak objek. Namun, hingga saat ini belum ada sistem transportasi cerdas yang benar-benar bisa digunakan.

Sistem operasi tersebut memungkinkan kendaraan sudah tidak perlu lagi pengemudi. Misalnya bus, hanya dengan pemrograman digital yang ditanamkan dalam kendaraan tersebut kendaraan dapat berjalan hingga tujuan yang sudah ditentukan.

Namun, sepertinya inovasi teknologi yang belum ada ini akan segera Anda dapatkan. Pasalnya, kini sudah banyak penelitian atau pihak yang mengembangkan kendaraan tanpa supir ini. kendaraan tersebut disebut dengan autonomous car atau self driving car.

Untuk tahu jenis teknologi yang dipergunakan, Anda bisa mengunjungi portal berita teknologi, Portaljawa. Di Portaljawa, Anda akan menemui banyak berita terkini seputar teknologi yang akan sayang untuk Anda lewatkan. Mulai dari teknologi yang berkembang hingga tips and trick seputar smartphone, Anda bisa mengaplikasikannya di kehidupan sehari-hari.

Pembaca Pikiran

Bagi sebagian orang, memahami seseorang menjadi hal yang susah untuk dilakukan. Apalagi untuk pria yang mencoba memahami wanita. Namun, di masa depan, teknologi pembaca pikiran sepertinya akan siap dibuat. Bukan untuk membaca pikiran wanita namun untuk mengoperasikan komputer. Hal ini disebabkan karena IBM sedang mengembangkan komputer yang bisa membaca pikiran. Tujuannya adalah agar Anda sebagai penggunanaya bisa berinteraksi hanya dengah pikiran.

Dengan teknologi ini, Anda hanya perlu menggunakan headset agar dapat membaca gelombang pikiran yang berasal dari otak. Setelah itu akan dikirimkan ke komputer. Jadi, Anda tidak perlu untuk menggunakan tangan agar bisa mengotak-atik komputer. Ini karena Anda hanya perlu memikirkan perintahnya saja dan kemudian komputer akan menerima perintah tersebut langsung dieksekusi.

Obat untuk Segala Penyakit

Tidak semua inovasi teknologi hanya berbentuk alat elektronik namun ada juga yang berbentuk obat. Obat yang dibuat tersebut diharapkan dapat dipergunakan untuk semua jenis penyakit. Sayangnya, inovasi ini belum ada dan tidak akan pernah ada. Bukan hanya karena komposisi obat yang berbeda namun, juga bisa menyebabkan pengangguran. Terutama untuk pekerjaan di bidang medis.

Instant Learning

Tidak ada sesuatu yang mudah. Namun, tidak semua orang mampu menangkap informasi dengan cepat. Karena hal tersebut, teknologi instant learning sangat dibutuhkan. Dengan teknologi ini, setiap orang bahkan memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi ahli di bidang tertentu. Untuk kapan adanya teknologi ini, tidak ada orang yang tahu hingga saat ini.

Alat Komunikasi dengan Hewan

Di dunia ini, hanya ada Nabi Sulaiman yang benar-benar dapat berbicara dengan hewan. Walaupun begitu beberapa orang dapat berkomunikasi dengan hewan menggunakan caranya sendiri. Baik hewan maupun manusia ingin saling memahami. Sayangnya, inovasi teknologi yang belum ada ini akan susah untuk diwujudkan. Jika Pun ada, akan lebih seru ketika berkomunikasi dengan hewan.

Handphone Hologram

Teknologi hologram memang sudah ada. Bahkan dengan inovasi tersebut, Anda seperti berinteraksi dengan orang yang sudah meninggal. Namun, handphone hologram ini belum ada dan jika pun ada, belum dapat digunakan secara maksimal. Keunggulan menggunakan handphone hologram ini adalah membuat Anda bisa berinteraksi dengan orang lain seperti tak terhalang waktu dan tempat.

Mobil Terbang

Pernah melihat mobil terbang seperti di Doraemon ataupun di film sci-fi yang lainnya? Setiap melihat kendaraan tersebut, Anda pasti ingin jika teknologi inovasi yang belum ada ini ada dan bisa digunakan. Terutama untuk kondisi darurat seperti mengantarkan orang sakit ke rumah sakit.

Teknologi mobil terbang ini dapat dipergunakan tidak hanya di udara namun juga di darat. Jadi, jika pun Anda hendak menggunakan kendaraan ini di jalan raya, Ada bisa menggunakannya seperti mobil biasa. sebaliknya jika menghadapi macet atau karena faktor tertentu, Anda bisa menggunakannya di udara.

Walaupun teknologi ini sudah diteliti dan mungkin akan segera dikembangkan, namun tidak sembarang orang dapat menggunakannya. Anda perlu memiliki sertifikasi pilot agar Anda bisa menggunakan kendaraan jenis ini dengan selamat.

Itulah inovasi teknologi yang belum ada dan ingin diciptakan. Entah akan ada atau tidak, bijak dalam menggunakannya akan memberikan dampak positif yang lebih banyak daripada dampak negatifnya. (*)

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA