by

KPA Wira Alam Buana dan Pemuda Pancasila Adakan Latihan Dasar Water Rescue

KOPI, Lubuklinggau – Pelatihan potensi SAR terutama terkait teknik pertolongan di air atau Water Rescue diadakan Ayo Kelingi Rafting Kota Lubuklinggau di aliran sungai kelingi, Minggu (16/02/2020).

Para relawan yaitu dari KPA Wira Alam Buana dan KOTI (Komando Inti) Pemuda Pancasila, mengikuti pelatihan dasar water rescue yang di instrukturi oleh pihak Ayo Kelingi Rafting, untuk menciptakan sumber daya manusia yang mempunyai jiwa kemanusiaan dan hadal dalam bidangnya.

Dari data yang ada relawan yang menjadi peserta pelatihan sebanyak 12 orang dari KPA WAB dan 12 orang dari PP, mereka ialah berbagai unsur relawan yang siap untuk aktif membantu pertolongan saat terjadi musibah di Kota Lubuklinggau.

Dono Pratondo selaku instruktur pelatihan dari Ayo Kelingi Rafting, menyampaikan, pelatihan ini bertujuan untuk membentuk sikap dan menyamakan persepsi baik pola pikir maupun pola tindak ketika melaksanakan operasi SAR.

“Kami berharap semakin banyak potensi SAR yang berkompeten akan mampu mempersingkat respons time saat terjadi kecelakaan atau tanggap darurat bencana khususnya di wilayah Kota Lubuklinggau dan sekitarnya ini,” katanya.

Untuk materi-materi yang diberikan kepada para peserta antara lain materi kelas dan lapangan, antara lain Pengetahuan Dasar SAR, Pengantar MFR, Metode Pertolongan di Air, Teknik Towing atau Carry, Olah Gerak Perahu Karet, Self Rescue dan Pengenalan Sea Survival.

Setelah penyampaian materi kelas, para peserta akan mempraktekan materi yang telah diberikan oleh tim Instruktur dengan langsung turun ke lokasi aliran sungai air Kelingi.

“Di Kota Lubuklinggau banyak relawan dan potensi sangat besar, tapi keterampilan mereka rata-rata secara alami, jadi ini yang ingin kita tingkatkan supaya terstandar dan memiliki sertifikat,” pungkas Dono.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA