by

Ketua MPR RI: Wapres Maruf Amin Akan Hadir di Munas XI SOKSI

KOPI, Jakarta – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendukung gagasan Wakil Presiden Maruf Amin agar berbagai desa bisa memaksimalkan penggunaan dana desa untuk mewujudkan Desa Wisata Agro (DEWA), Desa Wisata Industri (DEWI), dan Desa Digital (DEDI). Dalam APBN 2020, pemerintah sudah mengalokasikan total dana desa mencapai Rp 72 triliun untuk disalurkan ke 74.950 desa. Alokasi tersebut meningkat dari Rp 20,8 triliun pada pertama kali dikucurkan di tahun 2015, hingga tahun 2019 lalu dengan alokasi mencapai Rp 69,8 triliun.

“Pengucuran dana desa sejak tahun 2015 terbukti mampu meningkatkan kondisi berbagai desa. Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah tertinggal (PDDT) mencatat hingga akhir 2018, jumlah Desa Mandiri sudah mencapai 7,55 persen. Meningkat dari 2.894 desa pada tahun 2014 menjadi 5.559 pada tahun 2018. Sedangkan Desa tertinggal menurun dari 26,81 persen atau sekitar 19.750 desa pada 2014 menjadi 17,96 persen atau sekitar 13.232 desa pada 2018. Melalui DEWA, DEWI, dan DEDI yang digagas Wapres KH Maruf Amin, diharapkan bisa membuat perekonomian di desa menjadi lebih menggeliat lagi,” ujar Bamsoet usai bersama pengurus Dewan Pimpinan Nasional Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (DEPINAS SOKSI) bertemu Wakil Presiden Maruf Amin, di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa 4/2/2020.

Wakil Ketua Umum SOKSI ini menjelaskan, selain bersilaturahim membahas berbagai masalah ekonomi kebangsaan, DEPINAS SOKSI juga melaporkan kepada Wakil Presiden KH Maruf Amin terkait persiapan Dewan Pimpinan Nasional SOKSI menyelenggarakan Musyawarah Nasional ke-XI di Bali, pertengahan April 2020. Sekaligus penegasan bahwa sebagai organisasi pendiri Partai Golkar, SOKSI tetap berkomitmen mendukung pemerintahan Presiden Joko Widodo – Wakil Presiden Maruf Amin menuntaskan amanahnya hingga 2024.

“Alhamdulilah Wakil Presiden Maruf Amin menyatakan akan hadir dalam Munas SOKSI ke-XI di Bali, sebagai wujud apresiasi dan dukungan Wapres terhadap perjuangan SOKSI dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat. Sekaligus Wapres menitipkan amanah agar SOKSI bisa terus menjadi penggerak menyukseskan program ekonomi pembangunan dan sumber daya manusia yang sedang digalakan pemerintah,” tandas Bamsoet.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA