by

Sekilas Proses Produksi Siaran Televisi

Materi yang selesai melalui proses editing menuju pengecekan hasil atau quality control yang meliputi aspek teknik dan konten sehingga jika terjadi kekurangan materi ini kembali ke editing untuk disempurnakan.

Jika pada siaran langsung atau live materi siaran berasal dari studio atau outside broadcast maka untuk rekaman, materi disimpan dan tayangkan melalui master control atau pusat kendali siaran.

Apakah ada penambahan visualisaai pada ruang control ini? Ada, baik live maupun rekaman akan ada insert visual yang diinput dari master control ini.  Baik live maupun materi yang menjadi sumber siaran ini akan diberikan running text (tulisan berjalan pada bawah layar atau bawah template) misalnya pada jenis program berita, logo stasiun televisi yang menyiarkan, status siaran live atau paket materi dan kategori usia yang disarankan komisi penyiaran.

Namun jika materi yang ditayangkan bukan live maka status tersebut tidak ditayangkan atau ditayangkan dengan tanda ‘Recorded’. Tayangan seperti ini boasa digunakan untuk materi re-run atau penayangan kembali dari materi live sebelumnya. Status live tidak muncul pada saat penayangan iklan, promo dan station id (penayangan identitas stasiun televisi yang bersangkutan).

Setelah materi final maka output atau hasil dari master control atau pusat kendali siaran akan dikirim atau didistribusikan ke pemancar atau server streaming.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA