by

Sekilas Proses Produksi Siaran Televisi

Yang termasuk dalam live ini adalah tayangan template (title), grafik pendukung dan logo status live itu sendiri. Apakah hanya dengan satu camera bisa disebut live? Bisa saja namun dengan banyak catatan, dalam arti hanya camera yang live di lokasi tetapi unsur lain tetap naik langsung dari ruang control. Unsur lain yang dimaksud adalah back sound (latar belakang suara) jika diperlukan, template atau CG (caracter generator) dan graphic pendukung serta penyertaan logo live pada saat on air (siaran). 

Secara garis besar istilah live adalah langsung disiarkan pada saat yang bersamaan, baik itu dialog, musik atau drama sesuai dengan waktu siaran, walapun dengan materi yang sudah direkam dan diedit (penyuntingan) terlebih dahulu, dengan catatan materi visual (vt) tersebut diberi keterangan sebagai file.

Rekaman

Dalam siaran langsung (live) pengambilan visual terutama camera dilakukan pada saat yang bersamaan dengan tayangnya acara atau program.  Sedangkan pada program rekaman semua materi hasil taping atau rekaman baik di rekaman studio maupun di luar studio akan diolah atau mixing melalui editing (penyuntingan).

Rekaman dapat dilakukan dengan satu camera atau ENG system (Electronic News Gathering), 2 camera ENG atau lebih.  Bisa juga menggunakan 2 camera atau lebih menggunakan system EFP (Electronic Field Production) atau OB Van (Outside Broadcast Van), atau menggunakan ENG / OB Van system digabung dengan ENG system.

Madu Baduy
______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA