by

Pedoman Dasar Penyusunan Program dan Rencana Kerja PPWI

Loading…

KOPI, Jakarta – Berdasarkan Surat Penetapan DPN PPWI Nomor: 001/SP-PPWI/01-2010, tertanggal 19 Januari 2010, tentang Visi, Misi, Pedoman Dasar, Program Kerja, dan Rencana Kegiatan Tahunan PPWI, ditetapkan bahwa dalam rangka mewujudkan visi dan menjalankan misinya, PPWI mengembangkan beberapa konsep pemikiran yang menjadi pedoman dasar dalam melaksanakan fungsinya melalui penentuan dan implementasi program strategis PPWI, yaitu:

1. Perubahan paradigma publik terhadap media massa; merubah mind-set atau pola berpikir bahwa pers dan publikasi media-massa hanya merupakan ranah para profesional atau bidang kerjanya para wartawan saja, kita robah menjadi pola pikir bahwa seluruh rakyat tanpa kecuali berhak dan wajib mengambil bagian dalam proses publikasi, pers, dan media massa.

2. Pengembangan kemampuan dan ketrampilan jurnalisme warga; yakni membantu dan mendorong percepatan melek media bagi setiap warga melalui berbagai usaha meningkatkan ketrampilan dan kemampuan jurnalistik sesuai potensi kemanusiaan yang dimiliki oleh masing-masing anggota masyarakat.

3. Pembangunan dan pengembangan media massa yang berpegang pada prinsip demokrasi: dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat; proses ini tidak hanya terbatas pada sisi penyediaan informasi-publikasi, tetapi juga menyangkut sumber pembiyaan dan pemanfaatan sumber daya yang tersedia di masyarakat secara mandiri.

4. Pengembangan kultur publikasi jurnalisme warga yang berbudaya, beradab, dan beretika; karena aksi penyebaran informasi ibarat pedang bermata dua yang selamanya akan menghasilkan dampak positif dan negatif walaupun dengan kadar prosentase yang berbeda.

5. Penumbuhan daya-cipta kekaryaan manusia berbasis budaya masyarakat dan potensi sumber daya lokal; hal ini penting untuk menghasilkan berbagai produk dan hasil karya dengan memanfaatkan daya-kreativitas kemanusiaan setiap orang yang pada gilirannya dapat dimanfaatkan oleh komunitasnya baik dalam skala kecil, daerah, regional, maupun pada tingkat nasional dan internasional. Produk dan hasil karya yang banyak dan beragam dari masyarakat ini akan menjadi sumber informasi dan data empiris tiada habis-habisnya bagi dunia media massa dan publikasi.

Lima poin pedoman dasar tersebut akan selalu menjadi acuan bagi setiap PPWI, baik sebagai pengurus PPWI Nasional, PPWI Daerah, PPWI Cabang, maupun sebagai anggota PPWI secara individual dalam membuat perencanaan program kegiatan di tempat masing-masing. Artinya, segala program dan rencana kegiatan yang akan dilaksanakan harus mengusung, mencerminkan, dan berorientasi kepada lima hal di atas: terjadinya perubahan paradigma publik, meningkatnya kemampuan dan ketrampilan jurnalisme warga, berkembangnya media massa yang berpegang pada prinsip demokrasi, bertumbuhnya kultur publikasi jurnalisme warga yang berbudaya, dan memaksimalkan potensi daya-cipta kekaryaan manusia. (*)

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Loading…

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

BACA JUGA...