by

Jaring Calon Paskibraka 2024, Bupati Tamba Buka PPI Jembrana Championship V

KOPI, Jembrana – Bupati Jembrana I Nengah Tamba membuka secara langsung Kompetisi Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Championship V Tahun 2023, bertempat di Gedung Olahraga Kresna Jvara, Jembrana, Bali, Sabtu (4/11/2023). Kompetisi tersebut digelar oleh Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kabupaten Jembrana dengan mengambil tema: ‘Dari Anak Muda Menuju Generasi Emas’.

Dalam PPI Jembrana Championship V Tahun 2023 yang meliputi Lomba Ketangkasan Baris Berbaris (LKBB) dan Dance Competition, kompetisi tersebut dilaksanakan selama dua hari, yaitu tanggal 4-5 Nopember 2023. Tercatat ada 27 tim ambil bagian dalam LKBB dan 10 tim mengikuti dance competition.

Terkait kompetisi kejuaraan tersebut, Bupati Jembrana I Nengah Tamba manyampaikan apresiasi atas pelaksanaan kompetisi tersebut, melalui LKBB, pihaknya berpendapat bisa melatih kedisiplinan, kekompakan serta kerjasama bagi para siswa-siswi. “Saya merasa bangga dan senang karena kegiatan ini mewujudkan dan mencerminkan akan dimulainya pelatihan bagi anak-anak kita,” ucap Bupati Tamba.

Bupati Jembrana I Nengah Tamba mengatakan bahwa melalui LKBB bisa menjaring calon-calon Paskibraka yang nantinya akan mengemban tugas untuk mengibarkan bendera Merah Putih pada upacara peringatan Kemerdekaan RI maupun tugas lainnya, meskipun demikian kata bupati, bagi mereka yang belum bisa terpilih nantinya sebagai Paskibraka harus tetap bersemangat dan menjaga kedisiplinan, mereka yang terpilih mengikuti LKBB tentunya adalah siswa-siswi terbaik dari masing-masing sekolah. “Meskipun nantinya belum terpilih sebagai anggota Paskibraka, tetapi kalian memiliki kelebihan dari teman-teman kalian yang lain,” ujar Bupati Tamba.

Lanjutnya, Bupati Tamba berharap kepada para siswa-siswi diminta untuk terus mengembangkan pengetahuan dan keterampilan, oleh karena itu kemampuan yang didapat selama berlatih LKBB tentunya juga membentuk karakter siswa yang disiplin, tegas dan bertanggungjawab. “Saya juga berharap jadilah anak-anak Jembrana yang unggul dan berprestasi, pendidikan ini menggembleng adik-adik sendiri, dari mental dan fisik, saya percaya adik-adik pasti berbeda dengan siswa lainnya,” harap Bupati Tamba.

Bupati Tamba berpesan agar para peserta tidak mengabaikan pendidikan akademik, kedisiplinan yang didapat selama mengikuti LKBB jika diimbangi dengan pendidikan akademik yang baik nantinya akan mengantarkan para siswa untuk meraih cita-citanya. “Pendidikan yang kalian sudah terima di LKBB ini akan lebih bermanfaat, jika kalian padukan dengan lebih rajin lagi belajar, dan lebih rajin lagi dalam kegiatan-kegiatan di sekolah maupun kompetisi lainnya,” tandasnya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Ketua Pelaksana PPI Jembrana Championship V, Kadek Odysia Amindra Putrawan mengatakan bahwa kompetisi yang rutin dilaksanakan oleh PPI Jembrana bertujuan untuk melihat siswa yang berpotensi agar dapat bergabung menjadi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka. “Kegiatan ini merupakan program kerja Purna Paskibraka Kabupaten Jembrana dan bertujuan untuk mencari bibit Paskibraka tahun 2024, selain itu juga sebagai ajang menyalurkan minat dan bakat siswa-siswi SMP, SMA atau sederajat,” ucap Ketua Pelaksana PPI Jembrana Championship V, Kadek Odysia Amindra Putrawan.

Kadek Odysia Amindra Putrawan menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan tersebut untuk mempererat rasa persaudaraan, persahabatan dan kekeluargaan, membentuk rasa patriotisme terhadap bangsa dan negara serta menumbuhkan dan mengembangkan rasa tanggung jawab. “Selain itu, kegiatan ini juga untuk menyalurkan bakat dan minat pelajar di Kabupaten Jembrana, dan menjauhkan hal-hal negatif terhadap generasi muda serta meningkatkan kematangan fisik, mental dan disiplin,” jelas Kadek Odysia Amindra Putrawan.

Ia menambahkan bahwa sasaran kegiatan LKBB adalah siswa-siswi SMP/MTs/sederajat dan SMA/SMK/MA sederajat. Selain adanya lomba ketangkasan baris berbaris atau LKBB, diadakan pula dance competition bagi masyarakat umum.

“Total seluruh peserta yang mengikuti LKBB sebanyak 27 tim, sebanyak 15 tim dari SMP/MTs atau sederajat, dan sebanyak 12 tim dari SMA/SMK/MA atau sederajat, selain itu juga ada peserta dance competition sebanyak 10 tim,” pungkasnya. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA