by

Pimpin Upacara Peringatan HUT TNI ke-78, Kasdim 0719/Jepara Bacakan Amanat Panglima TNI

KOPI, Jepara – Di hari jadi ke-78 Tentara Nasional Indonesia (TNI) Tahun 2023, Kodim 0719/Jepara menggelar upacara Peringatan HUT ke-78 TNI di lapangan Makodim di Jl. RW. Monginsidi, No 8, Jobokuto, Jepara, Kamis (5/10/2023). Bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam upacara ini adalah Kepala Staf Kodim 0719/Jepara, Mayor Arm Sarifudin Widianto.

Sementara itu sebagai Komandan Upacara ditunjuk Kapten Arm Budi dan Perwira Upacara Kapten Arh Elfian Jaya Sudrajat. Pengucap Sapta Marga dipercayakan kepada Serda Isharyanto.

Kegiatan upacara peringatan HUT ke-78 TNI diikuti oleh Perwira Staf, para Danramil, anggota TNI dan PNS jajaran Kodim 0719/Jepara. Selain itu, hadir juga dalam upacara ini perwakilan anggota TNI Angkatan Laut dan anggota TNI dari Kompi Ang Air Denjasa Ang IV-44-13 Bekangdam IV/Diponegoro.

Dalam upacara tersebut, Kasdim 0719/Jepara Mayor Arm Sarifudin Widianto membacakan amanat panglima TNI, Laksamana TNI Yudo Margono, yang menegaskan bahwa kekuatan TNI sebagai komponen utama pertahanan negara, berkomitmen bersinergi dengan komponen bangsa lainnya. Hal ini dilakukan dalam rangka mengawal demokrasi untuk mewujudkan indonesia yang berdaulat, mandiri, maju dan sejahtera, sebagaimana tema yang diangkat dalam HUT ke-78 TNI yaitu “TNI Patriot NKRI, Mengawal Demokrasi untuk Indonesia Maju”.

“Karena salah satu tantangan besar yang dihadapi oleh bangsa Indonesia dalam waktu dekat adalah Pemilu 2024,” ujarnya.

Kelancaran dan kesuksesan pesta demokrasi tersebut, lanjut Kasdim 0719/Jepara, akan menentukan perjalanan kehidupan berbangsa dan bernegara ke depan. Untuk menyikapi kondisi tersebut, para prajurit TNI dituntut untuk peka dan antisipatif terhadap dinamika serta perkembangan situasi bangsa.

“TNI berkomitmen menjamin keamanan dalam rangka mewujudkan Pemilu 2024 berlangsung aman, damai dan sejuk,” imbuhnya.

lebih lanjut untuk, menghadapi spektrum anacaman ke depan yang semakin luas dan kompleks. Tidak terlepas dari dua hal yaitu perkembangan teknologi dan sistem pertahanan.

Maka dari itu, negara akan hadir untuk meningkatkan kapabalitas pertahanan yang relevan. Lewat perkembangan teknologi militer terkini, sehingga TNI menjadi kekuatan pertahanan negara yang modern. Kemudian TNI mampu berperan aktif dan memiliki daya getar tinggi, di lingkungan strategis regional maupun global, “pungkasnya.

Sebelum mengakhiri amanat Panglima TNI ada beberapa yang harus dipendomani oleh prajurit TNI diantaranya, tingkatkan terus keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan YME, sebagai landasan mental pada setiap pelaksanaan tugas, pegang teguh amanat Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI serta jaga terus kemanunggalan dan kepercayaan rakyat kepada TNI, laksanakan komitmen netralitas TNI.

Ikuti peraturan, pedoman, dan perintah yang telah diberikan terkait cara bersikap dan bertindak dalam tahapan pesta demokrasi lima tahunan ini.

Jalin komunikasi, kerjasama dan sinergitas dengan POLRI, kementrian/lembaga dan komponen bangsa yang lainnya demi tercapainya stabilitas keamanan nasional yang aman, damai dan sejuk, dan jaga nama baik TNI dimanapun berada, selalu ingat bahwa tindakan sekecil apapun akan berdampak pada institusi TNI secara umum.

Abah Jepara – Pendim 0719/Jepara

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA