by

Bupati Jembrana Pantau Proses Pembangunan RMU di Subak Tibu Beleng

KOPI, Jembrana – Bupati Jembrana I Nengah Tamba kembali memantau proses pembangunan Rice Milling Unit (RMU) yang dibangun di Subak Tibu Beleng, Desa Penyaringan, Kecamatan Mendoyo, Jembrana Bali, Minggu (8/10/2023). Pembangunan tersebut ditargetkan rampung seluruhnya di akhir Nopember 2023 mendatang.

Turut hadir ikut mendampingi Bupati Jembrana, Kadis Pertanian dan Pangan Kabupaten Jembrana, Camat Mendoyo serta Perbekel (Kades-red), Desa Penyaringan.

Terkait hal tersebut, Bupati Jembrana I Nengah Tamba mengatakan bahwa pembangunan RMU ditargetkan rampung seluruhnya pada akhir Nopember 2023 mendatang. Rece Milling Unit tersebut nantinya mampu memproduksi sebanyak 3 ton beras perjam, sehingga nanti mampu meningkatkan produksi beras di Jembrana.

“Saat ini progres pembangunan telah mencapai 80 persen dan ditargetkan fisik bangunan rampung pada akhir Oktober 2023, dan untuk mesin akan rampung di akhir Nopember 2023,” ujar Bupati Tamba.

Selain pembangunan Rice Milling Unit, di kawasan yang sama juga sedang dibangun Gedung Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Nusantara bergabung dengan Balai Subak Tibu Beleng. Terkait hal tersebut Bupati Tamba menginginkan Gedung BUMDes Nusantara dapat dimanfaatkan secara maksimal.

“Di sini kita bangun BUMDes Nusantara bergabung dengan Balai subak Tibu Beleng, dan di sini pemandangan sangat luar biasa, sehingga sangat cocok untuk dikelola oleh anak-anak muda seperti dengan adanya coffee shop di sini,” ungkap Bupati Tamba.

Lebih lanjut, Bupati Tamba berencana akan membuat jalur untuk wisata di tengah persawahan, sehingga masyarakat yang berkunjung selain menikmati keindahan alam juga sekaligus dapat belajar dengan ekosistem yang ada di sawah. “Di sini akan kita buatkan track mungkin 3-4 kilometer untuk mengedukasi anak-anak untuk mengenal alam dan melihat makhluk hidup yang ada di sawah,” pungkasnya. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA