by

Buka Lomba Bercerita dan Pidato Bahasa Bali, Bupati Jembrana: Ikuti dengan Serius Lomba Ini

KOPI, Jembrana – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jembrana menggelar Lomba Bercerita dan Pidato Bahasa Bali, digelar di Gedung Kesenian Ir Soekarno, Jembrana Bali, Kamis (5/10/2023). Lomba tersebut dibuka langsung oleh Bupati Jembrana I Nengah Tamba juga turut hadir Sekda Jembrana I Made Budiasa, serta OPD terkait di Lingkup Pemkab Jembrana.

Perlombaan yang digelar tersebut sebagai salah satu upaya untuk menggerakkan budaya gemar membaca dan melestarikan budaya lokal. Hal tersebut merupakan salah satu langkah untuk membangun generasi berkualitas menuju Jembrana Emas 2026.

Asisten Administrasi Umum I Made Dwi Maharimbawa selaku Ketua Panitia acara menjelaskan bahwa pelaksanaan lomba yang menggunakan anggaran dari APBD Kabupaten Jembrana, terkait program pembinaan perpustakaan, kegiatan pembudayaan gemar membaca tingkat daerah kabupaten/kota. “Perlombaan ini dibagi menjadi dua yaitu:

  1. Lomba bercerita yang diikuti oleh 10 orang dari siswa siswi SD/MI se-Kabupaten Jembrana
  2. Lomba Pidarta (pidato) bahasa Bali yang diikuti oleh 10 orang dari siswa siswi SMP se- Kabupaten Jembrana.

Itulah dua macam perlombaan yang dilombakan,” jelas Asisten Administrasi Umum I Made Dwi Maharimbawa.

Sementara, Bupati Jembrana I Nengah Tamba usai membuka jalannya perlombaan menyambut baik kegiatan tersebut, selain melestarikan budaya lokal juga menjadi pembentukan karakter generasi muda. “Ini penting sebagai bentuk pendidikan mental dan karakter kepada generasi muda Jembrana, selain menerapkan budaya gemar membaca juga kita melestarikan budaya lokal, yaitu budaya Bali ini,” ujar Bupati Tamba.

Pada kesempatan itu, Bupati Tamba juga mencontohkan bagaimana mecerita dalam bahasa Bali, adapun cerita yang disampaikan dengan judul ‘Siap Selem’. “Ikuti dengan serius lomba ini, agar budaya ini tetap lestari, dan jadilah contoh bagi anak-anak muda Jembrana lainnya dalam mewujudkan SDM berkualitas menuju Jembrana Emas 2026,” pungkasnya. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA