by

Buka Festival Pemuda, Wabup Patriana: KNPI Harus Menjadi Motor Penggerak Pemuda di Jembrana

KOPI, Jembrana – Wakil Bupati (Wabup) Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna membuka secara resmi Festival Pemuda melalui Kemah Karya Bhakti Pemuda ditandai dengan penyulutan meriam bambu dan pemukulan kulkul Bertempat di Pelataran Pura Rambut Siwi, Jumat (27/10/2023). Festival Pemuda yang digelar anak mudah yang tergabung di pengurus Komite Pemuda Nasional (KNPI) Jembrana tersebut digelar dalam rangka ikut serta memeriahkan menjelang peringatan Hari Sumpah Pemuda ke -95.

Terkait Festival tersebut Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna dalam sambutanya menyampaikan apresiasi kepada pemuda Jembrana yang mempunyai kepedulian sosial tinggi dengan diselenggarakanya Festival Pemuda yang diisi dengan bakti sosial. “Ini menunjukan bahwa pemuda Jembrana tidak meninggalkan sifat ramah dan gotong royong yang merupakan ciri bangsa Indonesia,” ucap Wabup  Patriana Krisna.

Wabup Patriana Krisna menjelaskan bahwa KNPI sebagai induk organisasi kepemudaan di Kabupaten Jembrana dan ia berkata, hendaknya dapat menghimpun dan memberikan pembinaan terhadap pemuda dalam menjawab berbagai tantangan pembangunan di Jembrana. “KNPI harus menjadi motor penggerak bagi pemuda untuk bersama-sama berperan aktif, membangun sinergi dan berkolaborasi dalam mewujudkan Jembrana Emas 2026,” ucap Wabup Patruana Krisna.

Wabup Patriana Krisna berharap di dalam pelaksanaan kegiatan tersebut dapat membangun persatuan dan kekompakan antar pemuda yang ada di Kabupaten Jembrana. “Saya berharap festival pemuda ini dapat memberikan efek positif bagi gerakan kemajuan pemuda, meningkatkan tali persaudaraan antar pemuda dan dapat membangun kesadaran tentang arti penting upaya peningkatan kualitas karakter pemuda terutama pemuda di Jembrana,” harap Wabup Patriana Krisna.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Festival Pemuda KNPI Kabupaten Jembrana, I Gede Prawira Bujangga Waisnawa mengatakan kegiatan tersebut diisi dengan berbagai aktiftas mulai dari pelatihan, perlombaan hingga bakti sosial dengan konsep kekinian. “Ada berbagai materi, termasuk pengembangan potensi diri, kesiapsiagaan bencana hingga posisi strategis dalam menyongsong Pemilu 2024. Selain itu ada pentas seni dan hiburan rakyat, team building, senam masal, bakti sosial pemeriksaan kesehatan gratis dan pembagian sembako bagi lansia dan penyandang disabilitas dari keluarga kurang mampu, aksi bersih pantai serta lomba-lomba,” ucap I Gede Prawira Bujangga Waisnawa.

Prawira Bujangga Waisnawa menambahkan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan dengan konsep perkemahan tiga hari dua malam mulai Jumat-Minggu (27-29/10/2023) kegiatan tersebut diikuti sebanya 300 pemuda dari seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Jembrana. “selain kami menggelar Apel Pemuda dan Apel Ulang Sumpah Pemuda, peserta dari masing-masing kontingen kecamatan juga akan memperebutkan juara umum dengan piala bergilir, dan kami berharap kedepannya event ini bisa berkelanjutan dengan tetap memberikan manfaat tidak hanya bagi pemuda tapi juga bagi masyarakat, Kabupaten Jembrana,” pungkasnya. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA