by

Bupati Tamba Sambut JKONE Kunjungan ke Sentra Tenun Jembrana

KOPI, Jembrana – Rombongan Komunitas JKONE (Jeep Wrangler Community) mengunjungi Sentra Tenun, bahkan puluhan anggota Komunitas JKONE tersebut memborong produk- produk UMKM yang menghasilkan omset penjualan puluhan juta, pada Kamis (28/9/2023). Kedatangan komunitas JKONE yang dipimpin oleh Dewan Pelindung JKONE, Letjen Purn TNI AM Putranto tersebut disambut oleh Bupati Jembrana I Nengah Tamba dengan pengalungan bunga, juga disuguhi penampilan jegog yang diiringi dengan tarian putri bambu.

Berbagai upaya dalam memajukan UMKM di Kabupaten Jembrana terus dilakukan, salah satu bukti nyata adalah dengan keberadaan Sentra Tenun sebagai pusat oleh-oleh khas Kabupaten Jembrana. Sejak diresmikannya pada tahun 2022 lalu, sudah banyak komunitas, wisatawan, tamu-tamu penting sudah berkunjung, bahkan beberapa bulan yang lalu orang nomor satu di Indonesia yaitu Presiden Ri Joko Widodo sempat berkunjung secara langsung di Sentra Tenun dalam kunjungan kerjanya di Bali.

Kedatangan tamu-tamu tersebut ke Sentra Tenun Jembrana tentu diharapkan tidak hanya datang untuk berbelanja dan mendukung UMKM saja, tetapi hal tersebut bagian dari pengembangan atau penawaran investasi untuk memajukan Kabupaten Jembrana. Selain itu, bupati juga mengajak para komunitas untuk melihat langsung proses pembuatan kain tenun oleh para pengerajin tenun Jembrana, selain melihat secara langsung, rombongan juga berbelanja berbagai macam produk UMKM, bahkan nilai transaksi mencapai angka puluhan juta.

Atas kedatangan komunitas JKONE tersebut, Bupati Tamba merasa sangat senang dan bahagia, menurutnya karya yang dikerjakan oleh para pengrajin menjadi pusat perhatian dari komunitas JKONE, kata bupati bahwa para komunitas JKONE tersebut merupakan orang-orang yang sudah sukses dan selalu berbagi dengan UMKM. “Kenapa saya membuat gedung yang bagus dan persentatif karena yang kita jual adalah barang-barang UMKM, kita juga memberikan kenyamanan dari barang yang kita sajikan di Sentra Tenun ini, karena barang yang kita pajang dan jual dari UMKM ini sudah benar-benar kita bina dan diuji kelayakannya, dan lulus sebagai bagian dari UMKM Kabupaten Jembrana,” ungkap Bupati Tamba.

Bupati Tamba berharap kedepan Kabupaten Jembrana akan lebih dikenal luas hingga ke seluruh nusantara, sehingga bisa menyedot perhatian wisatawan untuk datang ke Kabupaten Jembrana dan tentunya akan memajukan UMKM itu sendiri. “Inilah cara-cara saya sebagai bupati, bagaimana Jembrana bisa dikenal di seluruh nusantara ini, disamping itu juga beliau ini tidak berhenti sampai di sini saja, tapi beliau juga berminat untuk berinvestasi segala macam dan kegiatan lain untuk kedepannya,” ucap Bupati Tamba.

Sementara, Dewan Pelindung JKONE, Letjen Purn TNI AM Putranto mengatakan bahwa tidak semua para pemimpin daerah bisa mengangkat UMKM dengan sedemikian rupa. “Mulai dari penyediaan tempatnya yang begitu mewah, sehingga bisa meyakinkan para pengrajin bahwa karya dari mereka sangat dihargai,” ucap Dewan Pelindung JKONE, Letjen Purn TNI AM Putranto.

Lebih lanjut, pihaknya sangat kagum atas kolaborasi seluruh pemangku kepentingan, sehingga bisa mengangkat dan membantu para UMKM yang ada di Kabupaten Jembrana. “UMKM itu bukan hanya sekedar, tapi kita lihat bagaimana mereka bekerja dalam sehari, apa diterangkan bupati tadi sangat rendah nilainya, padahal mereka punya karya, ini yang belum ter expose dengan baik, kalau sehari cuman dapat Rp35 ribu dibandingkan dengan guru sangat jauh, tapi karena konsisten apa yang dilakukan untuk lebih baik,” ujarnya.

Ia berharap tidak hanya UMKM, tetapi potensi lainnya seperti pariwisata yang ada di Kabupaten Jembrana juga harus di perhatikan, sehingga kedepan Kabupaten Jembrana dapat lebih maju. “Saya berharap Bapak Bupati tidak hanya di UMKM saja, tetapi di sisi lain juga untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sehingga mereka merasakan kenyamanan,” pungkasnya. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA