by

Bupati Tamba Buka Pameran IKM dan UMKM Jembrana 2023

KOPI, Jembrana – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jembrana menggelar Pameran Industri, Kerajinan dan Festival Kuliner, digelar di Gedung Kesenian Ir. Soekarno, Jembrana Bali, Minggu (13/8/2023). Pameran tersebut dibuka Bupati Jembrana I Nengah Tamba dalam rangkaian perayaan HUT Kota Negara ke-128 dan HUT Kemerdekaan RI ke- 78.

Pameran dimeriahkan puluhan stand UMKM, termasuk stand peserta pameran kali ini dari Forum Keluarga Paranormal Penyembuhan Alternatif Indonesia (FKPPAI). Dalam memeriahkan pameran IKM dan UMKM Jembrana 2023, dan stand forum keluarga paranormal juga membantu pengobatan alternatif Sekala Niskala.

Selaku Penasehat FKPPAI Daerah Bali, Jro Gede Budiasa mengatakan turut berpartisipasi di HUT Kota Negara dan HUT Kemerdekaan RI untuk melaksanakan bakti sosial berupa pelayanan penyembuhan alternatif. “FKPPAI merupakan forum praktisi penyembuhan penyakit alternatif non medis yang menggunakan beberapa media yaitu:

  1. Totok Bali Kuno
  2. Totok Jari Petir
  3. Trawang Energi Alam
  4. Totok Saraf.

Itulah beberapa media yang digunakan dalam dalam penyembuhan alternatif non medis,” ucap Penasehat FKPPAI Daerah Bali Jro Gede Budiasa.

Pihaknya menjelasakan bahwa ada beberapa penyakit yang kerap disembuhkan oleh praktisi FKPPAI. “Bagi masyarakat yang punya keluhan penyakit yaitu:

  1. Stroke
  2. Saraf kejepit
  3. Katarak
  4. Sesak nafas
  5. Vertigo
  6. Susah tidur
  7. Asam urat
  8. Susah jongkok.

Terkait penyakit lain-lain bisa dikonsultasikan kepada kami,” jelas Jro Gede Budiasa.

Jro Gede Budiasa berharap dengan keikutsertaan FKPPAI di pameran industri, kerajinan dan festival kuliner Jembrana tersebut dapat membantu dan menyembuhkan masyarakat Jembrana secara alternatif Sekala maupun Niskala, tetapi ia menolak pengobatannya dikatakan praktek perdukunan. “Kami berharap dengan kehadiran kami di sini khususnya masyarakat Jembrana yang memiliki keluhan penyakit dapat disembuhkan, silahkan datang, bagi warga Jembrana yang ingin berobat menggunakan metode alternatif ini secara gratis,” ujar Jro Gede Budiasa.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Jembrana, I Komang Agus Adinata mengatakan bahwa pameran IKM dan UMKM pesta rakyat Jembrana merupakan kegiatan rutin setiap  tahun dilaksanakan. Untuk tahun ini sudah memasuki penyelenggaraan yang ke-17.

“Pameran IKM dan UMKM pesta rakyat Jembrana tahun 2023 ini berlangsung mulai tanggal 13-19 Agustus 2023, dengan jumlah peserta pameran 84 orang, dengan jumlah stand 82 terdiri dari:

  1. Kelompok stand kuliner sebanyak 24 stand
  2. Kelompok instansi sebanyak 42 Stand
  3. Kelompok UMKM sebanyak 19 Stand.

Demikian jumlah kelompok stand kuliner yang mengikuti di Pameran IKM dan UMKM Kabupaten Jembrana,” ucap Kadis Koperindag Jembrana I Komang Agus Adinata. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA