by

Bupati Jembrana Buka Lomba Burung Darkuku Bupati Cup Tahun 2023

KOPI, Jembrana – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jembrana menggelar Lomba Burung Derkuku “Bupati Cup Tahun 2023”, digelar di Taman Sangkur, Jalan Sutomo, Kelurahan Banjar Tengah, Kecamatan Negara, Jembrana Bali, Minggu (13/8/2023). Lomba tersebut dibuka Bupati Jembrana I Nengah Tamba ditandai dengan pelepasan burung derkuku (kukur), dilanjutkan dengan menaikkan sangkar berisi burung derkuku ke tiang gantungan oleh para peserta lomba, dan acara tersebut disaksikan para Forum Pimpinan Daerah dan para Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Jembrana.

Untuk menjaga keunikan tradisi budaya dan meningkatkan citra burung derkuku di Jembrana, dengan rangkaian HUT Kota Negara ke-128 Pemerintah Kabupaten Jembrana memfasilitasi para pecinta Derkuku dengan menggelar Lomba Burung Derkuku “Bupati Cup Tahun 2023. Lomba tersebut menarik minat masyarakat terlihat dari banyaknya peserta yang mendaftar untuk mengikuti perlombaan, tidak hanya lokal saja, bahkan diluar masyakarat Jembrana ikut serta dalam lomba tersebut.

Bupati Jembrana I Nengah Tamba yang juga penggemar burung tersebut menyambut baik lomba derkuku, yang juga sebagai salah satu pelestarian alam. “Saya menyambut baik dan memberikan apresiasi atas terselenggaranya lomba ini, sebuah event yang mampu menarik minat wisatawan, dengan tetap mengedepankan aspek kearifan lokal dan pelestarian alam, pemerintah daerah tentu akan berupaya untuk memberikan dukungan penuh demi terselenggaranya kegiatan ini dan kemajuan pariwisata di Jembrana,” ujar Bupati Tamba.

Lebih lanjut, Bupati Tamba berharap dengan ajang tersebut dapat meningkatkan rasa kepedulian kita dengan sesama makhluk ciptaan Tuhan. “Saya minta kepada bapak Ibuk pecinta burung, bukan burung ini saja yang disayangi, tetapi juga burung yang di alam bebas juga harus kita sayangi, mari kita jaga alam ini, agar stabil dan seimbang, semua makhluk hidup, mereka juga butuh makan, butuh hidup dan bebas, semoga kedepannya acara seperti ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan,” ucap Bupati Tamba.

Sementara itu, Ketua Panitia I Gusti Ngurah Agung Adi Tarta menjelaskan bahwa sebanyak 80 peserta ikut serta dalam Bupati Cup Derkuku. “Peserta lomba bukan hanya dari Jembrana saja, tetapi perlombaan kali ini juga diikuti peserta dari Denpasar dan daerah lainnya, jumlah peserta kali ini mencapai delapan puluh pendaftar, atas dukungan Bapak Bupati saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya, kami para pecinta derkuku berharap kedepan agar bisa membanggakan Jembrana di ajang yang lebih tinggu,” jelas Ketua Panitia I Gusti Ngurah Agung Adi Tarta (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA