by

Bupati Jembrana Ngecek Kesiapan Sambut Delegasi IICC Kunjungi Kelompok Tani Kakao Desa Ekasari

KOPI, Jembrana – Bupati Jembrana I Nengah Tamba mengecek kesiapan serangkaian kegiatan Delegasi IICC yang juga dirangkaiakan dengan peringatan Hari Kakao Indonesia yang akan mengunjungi kebun Kelompok Tani Kakao Merta Abadi, yang terletak di Desa Ekasari Kecamatan Melaya, Jembrana Bali. Dalam pengecekan tersebut Bupati Tamba juga mendampingi Tim Advance dari Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Agribisnis Kemenko Perekonomian RI serangkaian Hari Kakao Indonesia, Jumat (25/8/2023).

Setelah sebelumnya sukses penyelenggaraan festival layang-layang internasional di Sirkuit All in One Desa Pengambengan. Kali ini Kabupaten Ujung Barat Pulau Bali ini bersiap menyambut kedatangan Delegasi dari 40 negara dalam acara Indonesia International Cocoa Conference ( IICC) yang akan digelar di Nusa Dua Badung, Bali, pada 16 September 2023 mendatang.

Keunggulan biji kakao Jembrana yang sudah mendunia menjadi daya tarik kedatangan para delegasi tersebut karena kualitas biji kakaonya, sehingga kakao Jembrana mendapat penghargaan tingkat nasional oleh Dewan Kakao Indonesia. Dengan mengusung tagline acara Kakao Jembrana menuju dunia, acara tersebut diharapkan makin meneguhkan Jembrana sebagai kota kakao yang dikenal akan kualitas biji kakao premiumnya, dan acara tersebut diagendakan pula penandatanganan Prasasti dari Dewan Kakao Internasional.

Bupati Jembrana I Nengah Tamba saat mengecek kesiapan tersebut mengatakan bahwa dengan digelarnya acara tersebut penting bagi perkembangan kakao di Jembrana, terlebih dengan tagline acara ‘Kakao Jembrana menuju dunia’, semakin bersemangat untuk mewujudkan branding Kabupaten Jembrana sebagai kota kakao. “Tentu acara ini jadi peluang dan kesempatan yang perlu diambil oleh para petani kakao Jembrana, yang juga akan berimbas kepada mereka, untuk itu kita persiapkan dengan baik, karena rencananya ada sekitar 40 delegasi dari berbagai Negara yang melakukan kunjungan lapangan ke Jembrana,” ujar Bupati Tamba.

Lebih lanjut, Bupati Tamba menjelaskan bahwa dukungan yang dibutuhkan petani Jembrana saat ini adalah bibit, karena semangatnya sudah ada, dimana ditargetkan setiap rumah tangga petani ada tanaman kakao di Desa Ekasari, demikian halnya dukungan dari pemerintah juga sudah baik dan terintegrasi dengan beberapa fasilitas pendukung hulu dan hilir dibangun. “Bibit itu kita butuhkan untuk ditanam dan dibagikan kepada petani, sementara pembenahan sektor hulu dan ke hilir sedang dibangun rumah bersama produksi kakao atau factory sharing yang ditarget rampung pada akhir tahun 2023, sehingga semuanya terintegrasi,” jelas Bupati Tamba.

Di sisi lain, Soetanto Abdoellah selaku Ketua Umum Dewan Kakao Indonesia menjelaskan bahwa tamu kunjungan tidak hanya dari Indonesia tetapi juga dari beberapa Negara Eropa, Asia hingga afrika, menyatakan kesiapannya untuk hadir. “Oleh karena itu kami bersama Bupati Jembrana dan jajaran mempersiapkan kunjungan tersebut dengan sebaik-baiknya, karena saya melihat potensi kakao Jembrana luar biasa,” jelas Soetanto Abdoellah selaku Ketua Umum Dewan Kakao Indonesia.

Lanjutnya, Soetanto Abdoellah mengatakan termasuk juga dukungan penyelenggaraan dengan kesiapan seperti:

  1. Ada kebun kakao
  2. Fermentasi
  3. Pengeringan gudang
  4. Pembuatan nibs kakao.

Hal tersebut sudah dipersiapkan dengan baik sebagai obyek kunjungan, dengan tagline acara kakao Jembrana menuju dunia. “Mari kita tunjukkan bahwa Kabupaten Jembrana adalah penghasil kakao yang bagus dan layak menjadi konsumsi dunia, terbukti kakao Jembrana mendapat penghargaan sebagai produsen biji kakao terbaik di Indonesia,” ucap Soetanto Abdoellah.

Selain itu, ia mengungkapkan bahwa kakao Jembrana sudah digunakan sebagai bahan baku produsen cokelat premium seluruh dunia, dengan berbagai keunggulan tersebut, sehingga kami tidak ragu-ragu memilih Jembrana sebagai lokasi peringatan hari kakao Indonesia, termasuk dukungan semangat luar biasa ditunjukkan masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Jembrana bagi pengembangan kakao selama ini,” pungkasnya. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA