by

Bupati Jembrana Hadiri Rangkaian Upacara Karya Agung Ngenteg Linggih Desa Adat Pulukan

KOPI, Jembrana – Bupati Jembrana I Nengah Tamba menghadiri rangkaian upacara Karya Agung Ngenteg Linggih Lan Ngusaba Desa,Tawur Walik Sumpah Lan Pedudusan Agung Menawa Ratna. Upacara tersebut digelar Desa Adat Pulukan, Kecamatan Pekutatan, Jembrana Bali, Rabu (30/8/2023).

Dalam rangkaian upacara tersebut dihadiri Ketua DPRD Jembrana Ni Made Sri Sutharmi serta anggota DPRD lainnya. Rangkaian upacara tersebut telah berlangsung sejak 3 Juli hingga 10 September 2023, adapun puncak karya akan dilaksanakan pada 6 September mendatang.

Bendesa Desa Adat Pulukan Komang Budiasa menjelaskan bahwa Karya Ngenteg Linggih lan Ngusaba Desa menghabiskan anggaran sebesar 1 miliyar Rp4 juta. “Anggaran untuk mendukung karya ini kita memperoleh dana dari:

  1. Hibah dari Pemerintah Provinsi sebesar Rp100 juta
  2. Hibah dari Pemerintah Kabupaten sebesar Rp200 juta
  3. Dana BKK Kabupaten sebesar Rp24 juta
  4. Dana dari Desa Dinas sebesar Rp126 juta.

Disamping dana tersebut juga mengadakan pengalian dana iuran kepada 670 Kepala Keluarga, masing-masing kita pungut Rp1 juta dan total dana yang terkumpul sebesar Rp670 juta,” jelas Bendesa Adat Pulukan Komang Budiasa.

Di sisi lain, Ketua Panitia Karya I Ketut Sudarma Menjelaskan bahwa Puncak Karya Ngenteg Linggih akan dilaksanakan tanggal 6 September 2023 yang mempunyai makna dan tujuan mensucikan dan mensakralkan ‘Niyasa’ tempat memuja Sang Hyang widhi. “Karya Ngenteg Linggih ini sudah mulai dilaksanakan di bulan Juni sampai tanggal 6 september 2023, puncak dari pada Karya Ngenteg Linggih, yang mempunyai makna penyucian atau tujuannya menyucikan alam baik binatang, tumbuh-tumbuhan segala makhluk hidup yang ada di muka bumi ini, sebagai salah satu bentuk pelestarian alam kita sebagai Umat Hindu,” Jelas Ketua Panitia Karya I Ketut Sudarma.

Terakhir, I Ketut Sudarma berharap Karya Ngenteg Linggih dapat berjalan dengan Lancar dan mengucakpan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pemerintah lan krama atas bantuan yang diberikan. “terima kasih kepada Murdaning Kagat Jembrana Bapak I Nengah Tamba sudah berkenan hadir memberi bantuan dana dan turut mendoakan, sehingga upacara dapat berjalan lancar, dumogi presida labda karya,” pungkasnya. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA