by

Ketua Majelis Jemaat Merupakan Atasan Langsung Bendahara Jemaat

KOPI, Sentani – Pendeta jemaat sebagai Ketua Majelis Jemaat adalah atasan langsung Bendahara Jemaat pada sebuah gereja. Jadi, bendahara wajib untuk melaporkan kondisi keuangan jemaat dan wajib mendapatkan persetujuan Ketua Majelis Jemaat dalam melakukan pengeluaran keuangan gereja di arasy jemaat.

Hal tersebut ditegaskan Ketua Badan Pengawas Perbendaharaan Gereja (BPPG) Klasis GKI Sentani, Yoppy Suebu, SE, ketika memberikan ceramah kepada Ketua dan Bendahara dari 53 Jemaat di Klasis Sentani dalam acara Workshop Keuangan Gereja di Klasis GKI Sentani, Kamis, 13 Juli 2023. Pada pelaksanaan kegiatan yang berlangsung di Aula Haola Gusti Haose Sentani, Kabupaten Jayapura ini, Yoppy Suebu menyampaikan berbagai hal yang harus dipatuhi oleh Ketua Majelis Jemaat dan Bendahara Jemaat sebagai Pejabat Gereja yang mengelolah keuangan gereja, sesuai dengan Tata Gereja GKI dan Peraturan Perbendaharaan Gereja.

Penyampaian tersebut, tambahnya, sangat penting terutama melihat kondisi rill yang dijumpai dalam audit keuangan gereja akhir-akhir ini pada 53 jemaat di Klasis GKI Sentani. Yoppy Suebu menyebut adanya sejumlah kasus pelanggaran yang bersifat administratif prosudural dan penyalahgunaan kewenangan. “Ada juga kasus tertentu yang bersifat sebagai kesalahan emosional,” ujarnya.

Mengakhiri penyajiannya, Yoppy Suebu yang juga adalah calon Anggota DPRD Kabupaten Jayapura dari Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) mengharapkan apa yang didapatkan dalam workshop dua hari ini bisa diterapkan dalam pengelolaan keuangan gereja di jemaat masing-masing.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA