by

Raja Aibon Diundang Rayakan Natal, Poltak Bawa Berkat dan Sumbang Lagu Pujian

KOPI, Intan Jaya – Matahari baru setinggi tombak. Letkol Inf Ardiansyah alias Raja Aibon Kogila didampingi Kapten Inf Poltak Siahaan alias Panglima Mamba dan Letda Inf Kevin bergerak dari Pos Mamba menuju Pos Kodim Persiapan, Minggu, 4 Desember 2022. Pasukan Kostrad yang dipimpin Letkol Inff. Ardiansyah hari itu diundang mengikuti perayaan natal,

Sepanjang perjalanan, Raja Aibon dan Panglima Mamba berdiskusi tentang percepatan pembangunan Gereja Bazemba dan kegiatan dalam rangka perayaan Natal. Sampai di Pos Koper, Raja Aibon Kogila dan Panglima Mamba melihat perkembangan program Ketahanan Pangan didampingi oleh Lettu Inf Abdul Basyir alias Bos Koper.

“Alhamdulillah, semua udah mulai kelihatan hasilnya. Lele, dari 10.000 ekor, hanya 10 yang mati. Jagung dan kacang panjang sudah bagus. Ayam besok kita naikkan dari Timika. Tinggal babi saja yang perlu perhatian lebih,” ucap Raja Aibon Kogila saat evaluasi di singgasana Raja Aibon Kogila bersama Panglima Mamba dan Bos Koper.

Tak berselang lama, datang Mayor Inf Anjas si Perdana Menteri didampingi Kapten Inf Suryo, sang Panglima Perang. Suryo menyampaikan bahwa ada undangan ibadah bersama sore ini, dalam rangka Natal, di Gereja Kemah Injil Indonesia (GKII), Jemaat Antiokia, Sugapa.

Latihan Nyanyi Lagu Rohani

Tanpa menunggu lama, Raja Aibon kemudian memerintahkan kepada Poltak si Panglima Mamba, yang juga merupakan Gembala di Rumah Doa Kalvari, Asrama Militer Satuan YPR 305/Tengkorak untuk menyiapkan prajurit yang akan beribadah bersama. Suryo si Panglima Perang ditugaskan menyiapkan tim pengamanan, baik di sektor luar jauh, maupun di sekitar Gereja.

Foto: Pasukan Tengkorak melaksanakan ibadah bersama masyarakat Intan Jaya

Sore hari, sebagian langit masih tertutup awan, karena sejak siang hari Intan Jaya diguyur hujan yang cukup lebat. Panglima Mamba memimpin langsung Ksatria Tengkorak menuju GKII. Tak lupa, beberapa lembar rupiah dari para prajurit Kostrad, dibawa sebagai Berkat, sumbangan untuk Gereja bekal kehidupan nanti di akhirat. Drone matrice mengawal pergerakan pasukan dari udara. Sementara, Serda Hartanto dan pasukannya dari Pos J2 sudah siap di posisinya masing-masing. Sembari menjemput beberapa prajurit di Pos J2, Panglima Mamba bersama para Ksatria menyempatkan untuk melatihkan beberapa lagu rohani, dinyanyikan di Honei Rajawali, agar tidak ragu saat tampil di hadapan jemaat Gereja.

Sesampai di Gereja, nampak ratusan jemaat sudah hadir. Gembala Penehas Wandagau sebagai Ketua Panitia acara, mengatur agar jemaat tertib dan hikmat selama beribadah. Di bawah komando Panglima Mamba, para Ksatria Kostrad dari Karawang kemudian membaur bersama warga. Tidak ada perbedaan antara warga asli dengan para pendatang yang memang sudah lama menetap di Intan Jaya, juga rekan-rekan prajurit. Semua jadi satu, menunduk di hadapan Tuhan. Apalagi, salah satu Pendeta di GKII merupakan putra Batak, Bapak Musari Sinaga.

Tiba saatnya para jemaat menampilkan lagu-lagu pujian. Dimulai oleh kelompok anak-anak sekolah Minggu, perwakilan masyarakat dan ditutup oleh penampilan para prajurit Kostrad. Poltak si Panglima Mamba memimpin langsung anak-anak Raja Aibon Kogila berdoa di bawah mimbar Gereja, di hadapan para Jemaat. Tak ada rasa canggung dari para Ksatria Tengkorak. Apalagi, selama di Karawang, seluruh prajurit sangat rajin beribadah.

Lagu Malam Kudus

“Syalom. Bapak, Ibu, saudara semua, dengan nama Tuhan Yesus Kristus, selamat hari Minggu. Kami dari Satgas Yonif Para Raider 305/Tengkorak, mewakili Raja Aibon Kogila, menyampaikan selamat hari Natal bagi kita semua. Terima kasih telah mengundang kami di Perayaan Natal di GKII ini. Kami dari Satgas Yonif Para Raider 305/Tengkorak pada kesempatan ini ingin berbagi berkat. Sedikit banyaknya, mudah-mudahan menjadi berkat bagi kita semua, menjadi berkat bagi perayaan Gereja dan menjadi berkat untuk seluruhnya jemaat Gereja ini,” ucap Kapten Poltak si Panglima Mamba sambil menyerahkan sedikit Berkat kepada Gembala Penehas Wandagau.

Dipimpin oleh Pendeta Musari Sinaga dan Pendeta Henok Tipagau, para jemaat beribadah dengan hikmat. Semua terdiam, mendengar khutbah dari dua Pendeta yang berdiri gagah di atas mimbar.

“Yang menjadi pertanyaan bagi kita, sudahkah Tuhan Yesus, sudahkan kristus yang adalah Raja Damai itu, sudah mendiami hati kita di dalam hidup kita sehari-hari,” begitu sepenggal kalimat Pendeta Musari Sinaga saat berkhutbah, yang diulangi lagi oleh Pendeta Henok Tipagau dalam Bahasa Moni.

Lagu Malam Kudus menjadi penutup ibadah bersama perayaan Natal para Ksatria Tengkorak di GKII. Semua Jemaat berdiri, mengucapkan pujian-pujian kepada Tuhan. Tak ada kegiatan lain dari para jemaat. Hanya kalimat-kalimat pujian diiringi musik yang terdengar.

Malam kudus sunyi senyap, Kabar baik menggegap, Bala surga menyanyikannya, Kaum gembala menyaksikannya, Lahir Raja shalom, lahir Raja shalom.

Hati Lega

Selesai semua rangkaian ibadah, para jemaat kemudian saling menyalami. Itulah tanda persaudaraan, dan juga wujud kebahagiaan. Semuanya, tak terkecuali para Ksatria Kostrad. Sebelum meninggalkan Gereja, bersama para Pendeta dan Gembala serta para tokoh masyarakat, Ksatria Tengkorak kemudian berfoto bersama.

Di Pos, Raja Aibon Kogila sebenarnya tidak begitu tenang, karena acara selesai menjelang hari gelap. Bukan tanpa alasan. Para gerombolan KST setiap saat mengintai. Mungkin mereka tidak berani mengganggu ketika ibadah sedang berlangsung. Tapi, selepas acara, di saat semua berpisah, membubarkan diri kembali ke tempat masing-masing, tidak menutup kemungkinan para gerombolan yang memang terkenal biadab, membuat kekacauan.

Kelegaan hati Raja Aibon Kogila pun datang. Panglima Mamba menjumpainya melaporkan bahwa semua Ksatria Tengkorak sudah kembali ke Pos masing-masing dalam keadaan aman, lengkap dan sehat. (*)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA