by

Persiapan Pemilu 2024, DPD PAN Gayo Lues Gelar Pelatihan Saksi

KOPI, Gayo Lues – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Gayo Lues mulai melaksanakan pelatihan para saksi untuk persiapan Pemilu tahun 2024 mendatang. Hal tersebut disampaikan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Parai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Gayo Lues, Ali Sadikin, Sabtu (24/12/2022).

Untuk yang utama yang dilatih adalah instruktur saksi dari Kecamatan (DPC). Kegiatan pelatihan itu dilaksanakan di Rumah PAN Jalan Kolonel Muhammaddin No.49 Kota Blangkejeren, Kabupaten Gayo Lues, Provinsi Aceh. Adapun tema yang diusung “Pendidikan Politik peran saksi Partai Amanat Nasional dalam Menghadapi Pemilu 2024”.

Dalam sambutannya, Ketua DPD PAN Gayo Lues mengatakan “Pelatihan ini merupakan upaya untuk meningkatkan pengetahuan serta pemahaman bagi para saksi dalam menjalankan tugas-tugasnya untuk mencapai harapan agar tujuan Pemilu dapat tercapai dengan baik dan sempurna.”

Dirinya menyampaikan, saksi ini adalah merupakan hal yang sangat penting dalam menentukan adanya kecurangan atau tidak soal pelaksanaan pemilu nantinya dan jangan sampai suara PAN nantinya dicurangi alias hilang. “Setelah dilatih, mereka-mereka ini nantinya, akan melatih para saksi-saksi yang ada di desa maupun Tempat Pemungutan Suara (TPS),” katanya.

Selain itu, Ketua DPD PAN menegaskan, Kegiatan Training Of Trainer saksi ini selalu diadakan PAN jika menghadapi Pemilu. Rekomendasi dari Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) dan DPD nantinya, akan diikuti oleh DPC untuk melaksanakan pelatihan tersebut di kecamatan. ” Nantinya pengurus yang ada di ranting juga mengikuti arahan dari pengurus Kecamatan, sehingga nantinya pihak dan melaksanakan pelatihan saksi-saksi di desanya,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Panwaslih Gayo Lues Sulaiman, yang turut hadir dalam pelatihan saksi PAN tersebut menyampaikan bahwa, saksi dalam konteks Islam merupakan orang yang dapat dipercaya serta mampu, bukan hanya sekedar melihat dan mengetahui adanya kecurangan tetapi tidak berani dalam mencapai kecurangan tersebut. “Jika kita tidak mampu mempertanggungjawabkan apa yang kita lihat dan kita ketahui, maka tidak usah menjadi saksi, untuk itu, pelatihan ini diadakan agar para saksi nantinya dapat memahami fungsi dan tugas mereka di lapangan,” tegas Sulaiman.

Sedangkan Ketua Komisi Independen Pemilih (KIP) Gayo Lues Said Abdullah, yang dipercaya sebagai pemateri pelatihan saksi menyampaikan terkait tahap pemilu serta pemahaman-pemahaman soal pelaksanaan pemilu yang akan di gelar tahun 2024 mendatang. “Jadi setelah pelatihan saksi, nantinya para kader PAN bisa terus melakukan pelatihan saksi di desa masing – masing, supaya bisa memahami terkait pelaksanaan pemilu yang akan di gelar tahun 2024 nanti,” Pungkasnya. (Mus)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected] Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA