by

Wisata Yogyakarta Terhits dan Paling Recomended

KOPI, Yogyakarta – Jangan mengaku petualang sejati kalau setiap liburan ke Yogyakarta hanya mampir ke Pantai Parangtritis atau Malioboro saja. Padahal, ada puluhan wisata Yogyakarta yang tidak kalah terkenal dibanding kedua tempat tersebut. Biar tidak penasaran, berikut referensi tempat wisata di Yogyakarta untuk tujuan liburan selanjutnya. Dijamin tidak ingin pulang, deh!

Kampung Wisata Taman Sari

Yogyakarta terkenal sebagai salah satu daerah yang kental dengan nilai-nilai budaya. Selain itu, kota ini juga memiliki banyak peninggalan sejarah. Salah satunya Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Biasanya, wisatawan mengunjunginya untuk menikmati istana kerajaan masa lampau tersebut. Namun, Kompleks Keraton Ngayogyakarta bukan hanya istana. Ada Alun-alun, Masjid Agung dan Taman Sari.

Taman Sari dulunya merupakan taman air Keraton Yogyakarta. Kini, wisatawan hanya dapat menikmati reruntuhannya saja. Satu hal yang perlu diingat, pengunjung tidak boleh menggunakan drone di kawasan wisata Taman Sari. Jika ingin tahu lebih banyak tentang sejarah tempat ini, wisatawan bisa menggunakan jasa pemandu.

Keraton Yogyakarta

Istana kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat ini hingga sekarang masih digunakan sebagai tempat tinggal sultan. Sebagian kompleks keraton kini berfungsi sebagai museum benda-benda milik kesultanan. Keraton Yogyakarta pun masih menjaga dan mempertahankan warisan budaya, seperti upacara adat. Nilai-nilai filosofi dan mitologi juga masih terasa kental di Keraton Yogyakarta.

Salah satu bagian yang menarik di kompleks istana ini yaitu Kamandhungan Ler. Diketahui, kompleks ini adalah tempat penyimpanan pusaka keraton dan alat-alat musik tradisional gamelan. Kadang, di sini juga menjadi tempat digelarkan acara-acara pariwisata keraton.

Wisata Tebing Breksi Yogyakarta

Lokasinya di Dusun Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. Bagi yang sedang berlibur di Yogyakarta, Tebing Breksi bisa menjadi tujuan. Salah satu tempat wisata Yogyakarta ini berada di ketinggian 200 Mdpl. Dari sini, pengunjung bisa menyaksikan pemandangan Kota Yogyakarta dari atas.

Bekas area tambang ini ditetapkan sebagai geoheritage Yogyakarta pada 2015 lalu. Pemandangan dinding tebing dengan ornamen patahan yang unik menjadi salah satu daya tariknya. Patahan yang tampak artistik di Tebing Breksi ini sudah terbentuk sejak jutaan tahun lalu.

Museum Benteng Vredeburg

Tidak hanya tampak megah dari luar, Museum Benteng Vredeburg merupakan saksi sejarah perjuangan rakyat Yogyakarta pada masa penjajahan. Seperti museum lainnya, tempat ini juga memiliki ruangan-ruangan berisi diorama perjalanan para pejuang. Selain itu, di halaman museum juga ada peninggalan meriam sudut.

Meriam sudut tersebut diperkirakan buatan Inggris dan hasil ekskavasi di kompleks benteng ini pada tahun 1980-1981. Selain meriam, ada pula koleksi sepeda kurir yang dulunya sebagai kendaraan tentara pelajar. Sepeda itu digunakan pelajar SMP dan SMA yang ikut berjuang sebagai kurir.

Wisata Candi Prambanan Yogyakarta

Tidak lengkap rasanya kalau ke Jogja tapi belum datang ke Candi Prambanan. Situs sejarah yang menjadi warisan dunia ini adalah tujuan yang tepat bagi wisatawan yang suka sejarah. Candi Prambanan merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia yang berlokasi di Kabupaten Sleman.

Aksesnya pun sangat mudah, yakni di jalan raya Solo-Yogyakarta. Setibanya di area kompleks candi, pengunjung akan langsung melihat pemandangan yang membuat siapa pun pasti berdecap kagum. Dengan total 240 candi, areanya memiliki fasilitas lengkap. Mulai dari tempat ibadah, lapangan, taman, tempat istirahat, resto hingga kios suvenir.

Wisata Hutan Pinus Pengger Yogyakarta

Melipir sejenak ke Hutan Pinus Pengger yang terkenal dengan berbagai spot fotonya. Foto: Gmaps/arsyadani rusda Untuk yang ingin mencari tempat berburu foto yang instagramable, langsung saja ke Hutan Pinus Pengger. Lokasinya di Dusun Sendangsari, Desa Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Hutan dengan suasana yang asri dan sejuk ini menawarkan banyak spot foto.

Seperti wahana foto sarang burung, tangan raksasa, rumah pohon dan jembatan kayu. Selain itu, Hutan Pinus Pengger juga menawarkan panorama malam berhiaskan gemerlap lampu kota dari ketinggian yang tidak kalah cantiknya.

Bukit Bintang

Bukit Bintang berada di tepi jalan bukit Patuk, Kabupaten Gunungkidul, yang menghubungkan Kota Yogyakarta dan Wonosari. Nama aslinya yaitu Bukit Hargodumilah. Kemudian lebih terkenal dengan Bukit Bintang karena pengunjung bisa menikmati pemandangan kota Jogja dari atas bukit. Pada malam hari, lampu kota yang bertebaran terlihat seperti bintang.

Karena itu, waktu paling tepat untuk mengunjunginya adalah saat sore menjelang malam. Kecantikan langit senja semakin menambah kesan romantis di tempat ini. Sebelum berkunjung, pastikan cuaca sedang cerah. Karena jika mendung atau hujan, pemandangan tidak akan terlihat karena tertutup kabut.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected] Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA