by

Dashyat Materi Pelatihan Quick News untuk Pewarta Warga di Karawang

KOPI Karawang – Sebanyak puluhan peserta pelatihan jurnalistik dari unsur pengurus Dewan Pimpinan Cabang Federasi Serikat Pekerja Logam Elektrik dan Mesin Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (DPC FSP LEM SPSI) Kabupaten Karawang terlihat sedang asyik mengikuti penjelasan dari setiap narasumber yang sedang memberikan materi. Pelatihan ini digelar hari Kamis (29/9) di Gedung Indo Alam Sari, Karawang, Jawa Barat.

Hadir sebagai narasumber adalah Ketua Umum PPWI (Persatuan Pewarta Warga Indonesia) Wilson Lalengke. Dalam keterangannya informasi bisa dipelajari dan disajikan secara cepat akurat dan sesuai dengan fakta yang ada.

Hal ini sesuai dengan sambutan Ketua DPC FSP LEM SPSI Karawang, Abas Purnama, SE, yang menyatakan bahwa informasi penting untuk dikuasai oleh para buruh yang sering melakukan aksi. “Karena aksi tanpa berita ibarat sayur tanpa garam,” ujar Abas Purnama.

Selanjutnya, peserta pelatihan disarankan oleh Mung Pujanarko sebagai narasumber untuk bangkit dan membuat warta berita yang nantinya langsung tayang di media online. “Untuk bisa terus menulis memang otak harus dipaksa secara cepat agar bisa menuangkan data 5W dan 1 H secara cepat, yakni 150 kata minimal, dengan durasi waktu pembuatan tulisan 5-10 menit,” ujar Mung Pujanarko. (*)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected] Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA