by

Hadiri HLUN ke-26, Bupati Tamba: Kami berharap Lansia Tetap Sehat dan Bahagia

KOPI, Jembrana – Bupati Jembrana, I Nengah Tamba beserta Ibu Candrawati Tamba bersama Wakli Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna beserta Ibu Inda Patriana Krisna menghadiri acara Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) yang ke-26 tahun 2022, bertempat di Gedung Kesenian Ir. Soekarno, Jembrana, Bali, Jumat (12/8/2022). Peringatan HLUN tersebut mengambil tema: Hari Lanjut Usia Nasional Bersama Lansia Sehat Indonesia Kuat sedangkan sub tema Jembrana: Bersama Lansia Sehat Menuju Jembrana Bahagia.

Turut hadir Kepala Dinas (Kadis) Sosial Jembrana I Gusti Bagus Ketut Oka Parwata, Forkopimda, Sekda Jembrana, para Asisten Sekda, Kepala OPD di Lingkup Pemkab Jembrana, dan Camat se-Kabupaten Jembrana, Staf Ahli Bupati, Ketua DPRD Jembrana, Jajaran IDI Jembrana serta para lansia dan sesepuh.

Kepala Dinas (Kadis) Sosial Jembrana I Gusti Bagus Ketut Oka Parwata sekaligus yang merupakan selaku Ketua panitia pelaksana mengungkapkan bahwa peringatan hari lanjut usia nasional (HLUN) yang ke-26 juga dilaksanakan di Kabupaten Tasikmalaya, Propinsi Jawa Barat, pada 29 Mei 2022. “Untuk di Propinsi Bali dilaksanakan peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN), yang bertempat di Wantilan DPRD Provinsi Bali yang juga diikuti Lansia se-Kabupaten Jembrana,” ungkap I Gusti Bagus Ketut Oka Parwata.

I Gusti Bagus Ketut Oka Parwata menjelaskan bahwa peringatan HLUN di Jembrana dilaksanaan serangkaian peringatan HUT Kota Negara ke-127, HUT Provinsi Bali ke-64, dan HUT Kemerdekaan RI ke-77. Hal tersebut untuk memeriahkan peringatan HUT Kota dan HUT Kemerdekaan RI.

“Peringatan HLUN yang dihadiri sebanyak 300 Lansia yang tergabung dalam Yayasan Wreda Sejahtera Jembrana, di sini Pemkab hadir sebagai wakil negara memberikan perhatian khusus kepada Lansia untuk mewujudkan Lansia sejahtera, mandiri, dan bermartabat,” jelas Bagus Oka Parwata.

Sementara Bupati Tamba secara pribadi dan atas nama Pemkab Jembrana dan masyarakat Jembrana. “Kami mengucapkan selamat Hari Lanju Usia ke-26, menurut saya menjadi tua memang kepastian tetapi menjadi berdaya guna di usia senja adalah sebuah pilihan yang terbaik,” ucap Bupati Tamba.

Lanjunya, Bupati Tamba mengungkapkan bahwa Pemkab Jembrana telah memasukkan HLUN sebagai salah satu program prioritas Kabupaten Jembrana. “Kita memiliki pandangan bahwa Lansia adalah bagian dari kita semua, yang sudah seharusnya tetap bahagia dan produktif di usia senja sesuai dengan kapasitas dan kualitas kesehatannya.”

“Oleh karena itu, untuk menyongsong Jembrana emas tahun 2026, lansia Jembrana dapat menjadi harapan baru. Kami berharap kepada Lansia Jembrana agar menjadi Lansia yang potensial dan selalu sehat, melek informasi serta literasi, aktif, tetap produktif dan tangguh,” ungkap Bupati Tamba.

Lebih lanjut, Bupati Tamba menjelaskan bahwa Pemkab Jembrana telah memberikan bantuan kepada Yayasan Boga Tresna Werdha bagi Lansia non potensial dan bantuan berupa makanan bagi lansia miskin atau kurang mampu dan terlantar. Harapannya kepada Lansia agar lebih sehat dan bahagia dan memiliki kesempatan yang sama dalam meningkatkan kualitas hidupnya, dan di tahun 2022 ada 300 lebih Lansia yang sudah diberikan asupan makan pagi dan siang. 

“Mohon doanya agar bantuan ini bisa terus berlanjut dan bertambah jumlahnya. Pemkab Jembrana juga telah menjalankan pelayanan home care yaitu pelayanan kesehatan kunjungan ke rumah-rumah melalui program JKJ Plus dengan tujuan mendekatkan pelayanan kesehatan kepada Lansia berupa layanan home care, emergency medical service, dan aplikasi med care untuk konsultasi kesehatan online. Mohon dimanfaatkan sebaik-baiknya, kalau ‘pengelingsir tyang’ (para lansia saya) yang belum mengerti silahkan tanyakan ke Lurah atau Perbekel (Kades-red),” jelas Bupati Tamba. 

Bupati Tamba juga menambakan bahwa momentum peringatan Hari Lansia Nasional ke-26 tersebut serangkaian dengan Hut Kota Negara ke-127, HUT Provinsi Bali ke-64, dan HUT Kemerdekaan RI ke-77, peringatan HLUN tersebut dapat dimaknai sebagai bendera start untuk melindungi dan memenuhi hak Lansia. “Mari kita optimalkan potensi dan memandang Lansia sebagai salah satu aset bagi kemajuan bangsa, bagi Lansia yang sehat harus didampingi agar tetap terjaga kesehatannya dan mampu mandiri selama mungkin,” imbuhnya.

Setelah sambutan, Bupati Tamba menyerahkan souvenir kepada perwakilan Lansia dan melakukan pemotongan tumpeng sebagai simbol peringatan hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-26 tahun 2022 di Kabupaten Jembrana. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected] Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA