by

Pemkab Jembrana Raih Penghargaan KLA Kategori Nindya, Wabup Patriana: Apresiasi Kinerja Gugus Tugas

KOPI, Jembrana – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jembrana meraih penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) Tingkat Nindya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia. Capian itu meningkat dari sebelumnya, sejak 2019-2021 berada pada predikat Madya.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri PPPA RI, I Gusti Ayu Bintang Darmawati, kepada Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Khrisna pada Malam Penganugrahan Apresiasi KLA tahun 2022, Jum’at (22/7/2022) malam, di Ballroom Hotel Novotel Bogor Golf Resort and Convention Center, Surakarta, Bogor, Jawa Barat. Penghargaan dari Kemen PPPA RI tersebut sebagai wujud apresiasi kepada Pemkab Jembrana atas komitmennya yang tinggi dalam mewujudkan dan menjamin pemenuhan hak anak dan perlindungan anak.

Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Khrisna bersyukur atas raihan yang dicapai Pemkab Jembrana dalam mewujudkan kabupaten layak anak. Capaian itu kata Patriana Krisna,  sebuah prestasi yang sudah luar biasa  karena ada peningkatan.

“Malam hari ini kita memperoleh predikat Nindya untuk kabupaten/kota layak anak. Ada beberapa kategori dalam penilai KLA. Sebelumnya Jembrana mendapat predikat Madya, ini merupakan sebuah prestasi yang sudah luar biasa sekali,” ungkap Wabup Patriana Krisna.

Pihaknya berharap agar dapat mencapai predikat yang lebih baik untuk tahun berikutnya, menurutnya sangat baik tahun ini. “Saya sangat mengapresiasi atas kinerja Gugus Tugas Kota Layak Anak (KLA) Jembrana, padahal selama 3 tahun terakhir kita selalu diganjar predikat Madya. Kita harus pertahankan prestasi yang sangat luar biasa ini. Ke depan kita targetkan untuk dapat memperoleh predikat Utama dalam penilaian kabupaten/kota layak anak,” harap Wabup Patriana Krisna.

Sementara Yuli Prabandari analis kebijakan sub koordinator perlindungan anak Dinas PPPA PPKB Kabupaten Jembrana, menambahkan bahwa untuk mendapat penghargaan tersebut kabupaten/kota harus memiliki komitmen dalam menjamin pemenuhan hak dan perlindungan anak.

“Menurut hasil evaluasi kementerian PPPA RI, Kabupaten Jembrana memperoleh nilai 709 poin dan bisa ditambah poin-nya dengan adanya verifikasi lapangan (verlap) dengan rentang nilai 700-800 untuk peringkat Nindya,” jelas Yuli Prabandari.

Di sisi lain, Menteri PPPA RI, I Gusti Ayu Bintang Darmawati, menyambut baik  terselenggaranya acara malam penganugrahan KLA dan mengapresiasi kehadiran para pimpinan daerah pada acara tersebut. “Saya tahu pimpinan daerah bisa hadir, ini merupakan perjuangan yang cukup besar, saya sampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang mendukung, sehingga dapat terselenggara kegiatan malam ini yaitu, penghargaan kabupaten/kota layak anak,” ucap Menteri PPPA RI, I Gusti Ayu Bintang Darmawati.

Ia menerangkan awal mula perjalanan program KLA dan menyampaikan harapannya kepada para pimpinan daerah se-Indonesia. “Penilaian kabupaten/kota layak anak sudah dimulai dari tahun 2006 dan sampai tahun 2022 ini, belum ada kabupaten/kota atau provinsi yang mendapatkannya, predikat KLA adalah tertinggi. Harapan kami dengan kerja-kerja yang luar biasa, daerah bisa mewujudkannya,” terang Ayu Bintang Darmayanti.

KLA adalah penghargaan yang diberikan oleh Kementerian PPPA kepada kabupaten/kota yang memiliki sistem pembangunan hak dan perlindungan khusus anak secara menyeluruh, berkelanjutan, dan terencana. Penghargaan KLA dibagi menjadi beberapa tingkatan, yaitu tingkat Pratama, Madya, Nindya, Utama dan KLA, sebagai bagian penting dari terciptanya Indonesia Layak Anak yang dicita-citakan terwujud di tahun 2030. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksi@pewarta-indonesia.com. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA