by

Bupati Jembrana Tepati Janji Kampanye Berikan Makanan Gratis kepada Lansia Kurang Mampu

KOPI, Jembrana – Bupati Jembrana I Nengah Tamba memberikan bantuan berupa makanan siap saji secara gratis kepada Lansia miskin secara simbolis diserahkan Bupati di tiga lokasi, yaitu Kelurahan Loloan Barat, Kelurahan Banjar Tengah, dan Desa Kaliakah, Jembrana, Bali, Jumat (22/7/2022). Bantuan tersebut untuk merealisasikan janji politik saat kampanye tahun lalu.

Jumlah penerima bantuan makanan siap saji tersebut di Kabupaten Jembrana pada tahun 2022 ini sebanyak 367 orang penerima. Adapun uraiannya di masing-masing kecamatan sebagai berikut:

  1. Kecamatan Pekutatan sebanyak 7 orang penerima
  2. Kecamatan Mendoyo sebanyak 79 orang penerima
  3. Kecamatan Jembrana sebanyak 37 orang penerima
  4. Kecamatan Negara sebanyak 114 penerima
  5. Kecamatan Melaya sebanyak 130 orang penerima.

Jumlah Masing-masing kecamatan tersebut tersebar di tiga puluh desa dan kelurahan s- Kabupaten Jembrana.

Dalam pelaksanaan pemberian bantuan tersebut Bupati Jembrana didampingi Kadis Sosial, dr. I Gusti Bagus Ketut Oka Parwata, bantuan simbolis tersebut diserahkan kepada H. Sapii Bahuri di Loloan Barat, Made Darma Putra di Banjar Tengah, dan Ketut Ratis di Banjar Peh.

Di sela-sela penyerahan bantuan, Bupati Tamba yang pernah menjabat anggota DPRD Provinsi ini menjelaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu realisasi program visi misinya. Bupati Tamba mengakui ada sedikit keterlambatan dalam pelaksanaan.

Hal tersebut dikarenakan harus menunggu pemenang tender dari penyedia program makanan siap saji. Namun pihaknya berjanji tahun depan mekanismenya akan dirubah, sehingga lebih cepat dan mudah.

“Hari ini sudah kita mulai program pemberian asupan makanan siap saji, pagi dan sore kepada lansia yang kurang mampu. Ini merupakan tanggung jawab Bupati Jembrana untuk memberikan asupan makanan kepada pengelingsir (orang yang dituakan) yang kurang mampu, sehingga beliau tidak terlantar,” ungkap Bupati Tamba.

Terkait pengawasan, Ia mengatakan sudah membentuk tim pengawasan dan setiap kali diantar makanannya akan dicatat dan didokumentasikan. “Ini adalah hari pertama yang akan berlanjut sampai akhir tahun (program anggaran) dan tahun depan akan berlanjut,” ujar Bupati Tamba.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial dr Oka Parwata menyampaikan bahwa untuk jumlah penerima bantuan makanan siap saji bagi lanjut usia miskin dan/atau terlantar di desa dan kelurahan ini se-Kabupaten Jembrana berjumlah 367 penerima di tahun 2022 ini. “Bantuan ini sebagai pelaksanaan rehabilitasi sosial untuk penanganan/penurunan risiko sosial yang ditujukan kepada Lansia miskin dan terlantar untuk masyarakat Jembrana,” terang Kadis Sosial dr Oka Parwata.

Salah satu dari perwakilan keluarga penerima bantuan Ni Ketut Sukasih yang mewakili atas nama Made Darma Putra yang beralamat di Banjar Tengah mengaku bersyukur dan bahagia atas bantuan yang telah diberikan. “Terima kasih Bapak Bupati Jembrana atas bantuan makanan yang diberikan dua kali sehari ini. Semoga ini bisa berlanjut seterusnya,” harap Ni Ketut Sukasih. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksi@pewarta-indonesia.com. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA