by

Pejabat Jembrana Beradu di Atas Catwalk Pamerkan Tenun Khas Jembrana 

KOPI, Jembrana – Sebanyak 52 Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemkab Jembrana beradu kemampuan berjalan di atas catwalk memamerkan busana tenun khas Jembrana. Lomba fashion show di gelar memperingati Hari Kartini ke-143 tahun 2022 di Angkringan Negaroa Bahagia, Jembrana, Bali, Kamis malam (22/4/2022).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wabup Jembrana, I Gede Patriana Krisna; Sekda Jembrana, I Made Budiasa; Ketua DPRD Jembrana, Ni Made Sri Sutharmi; Kapolres Jembrana, AKBP. I Dewa Gde Juliana; Kajari Jembrana, Salomina Meyke Salima; Ketua Pengadilan Negeri Negara, Oktimandiani yang keseluruhannya didampingi suami dan istri masing-masing serta Pimpinan OPD di Lingkungan Pemkab Jembrana.

Acara yang digagas oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten Jembrana menampilkan sejumlah busana dengan bahan dan pernak-pernik menggunakan kain tenun UKM Jembrana. Tidak hanya diikuti pimpinan OPD beserta pasangannya, turut berjalan diatas catwalk bupati, wakil bupati ,serta jajaran forkopimda Kabupaten Jembrana. Model dadakan ini sukses mengundang perhatian pengunjung Angkringan, selain itu tentu didukung suporter dari OPD masing-masing.

Ketua Panitia parade busana, Drh. Dwi Madiani yang juga sebagai Ketua Pokja II TP PKK Jembrana mengatakan di samping momentum memperingati Hari Kartini ke-143. Parade busana tenun Jembrana merupakan program kerja (Pokja) II TP PKK Jembrana untuk melestarikan produk kearifal lokal yakni tenun khas Jembrana.  

“Kita ingin dengan terselenggaranya parade busana ini, tenun khas Jembrana semakin dikenal luas lagi dan kita sebagai masyarakat Jembrana semakin mencintai produk kearifan lokal ini. Selain itu, parade busana ini juga sebagai pengungkit semangat bagi para pengerajin tenun di Jembrana untuk bangkit kembali dalam upaya peningkatan perekonomian masyarakat pasca pandemi Covid-19,” ucap Ketua Panitia Dwi Madiani.

Sementara itu, Bupati Tamba yang didampingi Ny. Candrawati Tamba memberikan apresiasinya terhadap pelaksanaan parade busana tenun Jembrana ini. “Saya mendukung penuh kegiatan yang digagas oleh TP PKK Jembrana dalam rangka memperingati Hari Kartini tahun 2022. Ini menjadi ajang show up (menunjukkan), kita punya tenun dengan berbagai motif yang sangat bagus sekali. Jangan sampai kita masyarakat Jembrana tidak mencintai produk kearifan lokal ini, justru sebaliknya harus dicintai,” ujar Bupati Tamba.

Lebih lanjut, pencetus salam Jembrana Bahagia tersebut menuturkan Pemkab sangat komitmen dalam melestarikan dan memperkuat tenun khas Jembrana. “Salah satu wujud komitmen kita yang segera terwujud yaitu di bangunnya sentra tenun. Keberadaan sentra tenun ini nantinya sebagai ruang etalase yang memuat seluruh hasil pengrajin tenun-tenun di Jembrana termasuk juga kita tampilkan  Diharapkan nantinya industri kerajinan tenun ini semakin berkembang lagi,” harap Bupati Tamba.

Tak lupa, Tamba juga mengucapkan selamat hari Kartini ke- 143  untuk perempuan-perempuan tangguh dan hebat di Kabupaten Jembrana. “Melalui peringatan Hari Kartini, saya ingin kaum wanita/perempuan kembali merefleksikan nilai-nilai perjuangan yang ada pada sosok Kartini, sehingga dapat menginspirasi agar kaum perempuan terus maju dan semangat dalam memperjuangkan cita-cita dan tujuan. Terlebih di tengah pandemi Covid-19 ini, harus lebih kreatif dan inovatif serta ikut menjadi pejuang dalam mendorong pemulihan ekonomi di Kabupaten Jembrana,” ucap Bupati Tamba.

Di akhir pagelaran busana, sebagai bentuk ucapan Hari Kartini, Bupati menyerahkan bunga angrek yang diterima oleh masing-masing istri dari jajaran Forkopimda Jembrana. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksi@pewarta-indonesia.com. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA