by

Penuhi Pasar Ekspor, Wabup Patriana: Koperasi Kerta Semaya Rangkul Pengusaha Coklat Jembrana

KOPI, Jembrana – Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna mengunjungi Koperasi Kerta Semaya Samaniya di Desa Nusasari, Kecamatan Melaya, Jembrana, Bali, Jumat (18/2/2022). Dalam kunjungan tersebut, bertujuan agar Koperasi bisa merangkul pengusaha di bidang komoditi cokelat Jembrana.

Seperti diketahui selama ini bahwa kapasitas produksi cokelat Jembrana belum bisa memenuhi kebutuhan pasar, khususnya pasar ekpor. Hal tersebut disampaikan Wabup Patriana di sela-sela kunjungannya.

Wabup Patriana Krisna dalam kunjungannya didampingi Asisten III, I Made Maharimbawa; Kadis Pertanian dan Pangan, I Wayan Sutama, menjelaskan bahwa selain ingin berkordinasi terkait hal tersebut,pihaknya ingin melihat langsung proses produksi di Koperasi ini. Seperti kita ketahui bahwa nama besar kakao Jembrana sudah mendunia dan permintaan produk kakao Jembrana sangat besar, tetapi kita di Jembrana belum bisa sepenuhnya memenuhi permintaan pasar tersebut.

“Ke depan, saya ingin Koperasi Kerta Semaya ini bisa merangkul rekan-rekan yang bergelut dikomoditi kakao. Dan dari segi produksi bisa ditingkatkan, termasuk variasi produk olahannya, sehingga mampu memenuhi pangsa pasar khususnya pasar ekspor dunia,” ucap Wabup Patriana Krisna.

Selain hal tersebut, Wabup Patriana Krisna juga ingin melihat langsung proses produksi di koperasi tersebut. “Saya melihat apa yang dilakukan di koperasi ini sudah berjalan dengan baik, tetapi ingat yang lebih penting untuk saling berkerjasama, berkolaborasi dengan pihak-pihak yang bergelut di dunia kakao Jembrana. Dengan kolaborasi ini diharapkan semakin menggaungkan nama besar kakao Jembrana,” ujar Wabup Patriana Krisna.

Sementara itu, I Ketut Wiadnyana selaku Ketua Koperasi Kerta Semaya Samaniya menyambut baik apa yang menjadi saran  Wabup Jembrana. Kolaborasi dengan pengusaha kakao Jembrana sangat memungkinkan karena saat ini mereka  masih mandiri dalam pengelolaan kakao.

“Tentu sesuai saran dan petunjuk Bapak Wabup Patriana Krisna, konsep kita ke depan akan berkolaborasi bersama-sama untuk memajukan kakao Jembrana agar semakin dikenal lebih luas lagi,” pungkasnya. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA