by

Yuk Ketahui Cara Mengatur Keuangan Anak Kuliah

KOPI, Nganjuk – Bagaimanakah cara mengelola keuangan dan keperluan mahasiswa tiap bulannya? Meskipun belum bekerja, tetap saja kamu sebagai mahasiswa yang makin bergerak dewasa perlu semakin dewasa dalam mengurus keuangan.

Saat kamu memikirkan ketika orang tuamu alami kesusahan untuk menolongmu dalam bayar uang kuliah di semester depan? Apa yang bakal kamu kerjakan bila ternyata kamu tidak mempunyai tabungan karena tidak mengelola keuangan secara baik?

Disini pentingnya kamu belajar mengenai cara mengurus keuangan dan informasi keuangan lainnya  secara baik karena beberapa hal yang tidak kita kenali mengenai hari esok.

7 Tips dan Cara Mengelola Keuangan Mahasiswa

Berikut beberapa panduan untuk kamu beberapa mahasiswa dalam mengurus keuanganmu.

1. Menabung

Dari kecil kita tentu sudah diajarkan untuk menabung oleh orang-tua kita. Saran ini kerap kali membosankan tapi benar-benar bermanfaat untuk masa depan kita.

Selalu utamakan tabungan kita saat terima uang, baik itu dari orang-tua atau saat keluarga lain memberikan uang jayan untuk kita. Tabungan yang kita utamakan akan bermanfaat untuk kita di kemudian hari.

Tabungan yang teratur kita kerjakan bisa dipakai untuk investasi skala kecil, seperti reksa dana atau untuk maksud keuangan yang ingin kamu capai. Misalkan, beli laptop atau printer yang disebut kebutuhanmu untuk membuat pekerjaan kuliahmu.

2. Tentukan Beragam Sumber Masukan

Sebagai mahasiswa, umumnya orang-tua ada yang memberinya support untuk biaya kuliah dan jayan.

Gunakan sumber penghasilan itu, dari sisi kamu harus mulai belajar untuk lakukan usaha atau bekerja di sampingan dalam menolong orang-tua. Tolong orangtuamu agar membagikan dananya ke pos lain, seperti menolong adikmu yang sekolah dan lain-lain.

cinta untuk mencari kerja sampingan yang tidak waktu waktu kuliah dan belajarmu. Ada beberapa tugas freelance dan part time yang bisa kamu mencari lewat internet.

Jika kamu mahasiswa yang berprestasi, kamu dapat melamar jadi pendamping dosen atau karyawan separuh waktu administrasi di kampusmu.

3. Tentukan Berbagai Jenis Pengeluaran

Sesudah beberapa sumber penghasilan kamu tulis, saat ini kamu harus menulis semua biaya yang perlu kamu keluarkan di dalam satu bulan.

Beberapa hal yang harus harus dilakukan seperti, bayar kost, pulsa telephone, transportasi, uang kuliah, uang makan setiap hari, pembelian uang buku, foto copy dan alat catat.

Datakan beberapa hal yang jadi keperluanmu setiap hari. Tulis dengan detail dan tidak boleh terlewat kontesmu dengan Finansialku.

4. Buatlah Rencana Anggaran Keuangan

Selanjutnya yang perlu kamu kerjakan ialah membuat rencana anggaran keuangan. Mengatur secara baik supaya tidak “lebih besar pasak dibanding tiang” alias terlampau besar di kontes.

Bila pengeluaranmu semakin besar, lihat adakah yang dapat kamu pankas atau ada yang sebetulnya bukan keperluan tapi kemauan. Jika belum cukup, sudah pasti kamu harus menambahkan sumber pendapatanmu.

Bila anggaran keuangan telah direncanakan secara baik, turutilah anggaran itu karena bila tidak, anggaran keuangan itu cuman gagasan dan tidak terlaksana.

Menjadikan rencana anggaran keuangan ini dasar sebagai dalam penerapan pemakaian uang setiap hari konsisten dan disiplin.

5. Buatlah Pos Dana Cadangan

Apakah bedanya tabungan dengan pos dana cadangan? Bedanya berada pada fungsi dan tujuannya.

Tabungan untuk uang kepentingan yang telah diputuskan awalnya seperti beli laptop atau printer dari tabungan itu.

Dana cadangan cuman untuk penuhi atau penuhi semua jenis keperluan yang menekan. Misalkan saat motormu rusak dan harus diperbarui ke bengkel. Pasti kerusakan motor tidak selamanya terjadi dan tidak pasti besar biaya yang perlu dikeluarkan, kan?

Dana cadangan ini umumnya disebut sebagai dana darurat. Besarnya uang cadangan bertambah bersamaan pertambahan jumlah anggota keluargamu.

6. Belajar Lakukan investasi

Tahukah kamu Warren Buffet orang paling kaya ketiga di dunia, mengawali investasinya pada umur 11 tahun hasil dari tabungannya yang belum berapa? Lantas, berapakah usia kamu akan mengawali investasi pertama?

Kamu dapat mengawalinya dengan resiko yang kecil, seperti deposito atau reksa dana.

Penutup

Demikian artikel tadi tentang Cara Mengatur Keuangan Anak Kuliah. Semoga bisa bermanfaat bagi pembaca. Jika ada kesalahan mohon maaf,terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA