by

Wabup Patriana Siap Sukseskan Program ‘Merdeka Ekspor’

KOPI, Jembrana – Wakil Bupati Jembrana, I Gede Ngurah Patriana Krisna, menghadiri acara ‘Merdeka Ekspor’ di Intercontinental Bali Resort secara virtual, Sabtu (15/08/2021). Acara bertajuk ‘Merdeka Ekspor’ merupakan pelepasan ekspor komoditas pertanian oleh Presiden Joko Widodo secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Ekspor tersebut dilaksanakan secara serentak dari 17 pintu ekspor Indonesia dan akan dikirim ke 61 negara tujuan ekspor. Usai mengikuti kegiatan tersebut, Wabup Patriana mengatakan bahwa sektor terbesar di Kabupaten Jembrana yakni sektor industri, perikanan, dan pertanian.

Menurut nya dengan adanya ‘Merdeka Ekspor’ ini, maka akan memotivasi para petani untuk bisa meningkatkan produksinya sehingga bisa diekspor ke mancanegara. “Saya harap  ‘Merdeka Ekspor’ ke depannya tetap bisa diadakan guna memotivasi para teman-teman petani untuk meningkatkan produksinya,” ucapnya kepada awak media, Sabtu (14/08/2021), di Intercontinental Bali Resort, Uluwatu, Jimbaran, Badung, Bali.

Wabup Patriana Krisna, menambahkan ‘Merdeka Ekspor’ mengangkat tema “Ekspor Tumbuh, Indonesia Tangguh” dan dilepas secara langsung Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang dipusatkan di Istana Bogor melalui Virtual.

Di tempat yang sama, Wabup Patriana Krisna menyatakan siap untuk mensukseskan program ‘Merdeka Ekspor’ yang dicanangkan Kementerian Pertanian (Kementan) Republik Indonesia. Bahkan pihaknya menyambut baik program ini, lantaran memberi dampak positif terhadap kesejahteraan petani.

“Ini yang menjadi harapan petani dimana petani dan pelaku ekspor atau eksportir bisa langsung berkomunikasi sehingga masalah harga komoditi tidak terlalu terpangkas,” ungkapnya.

Ditambahkannya, untuk sektor unggulan di Jembrana sementara di sektor pertanian untuk lokal yakni padi, sedangkan untuk di sektor yang sudah diekspor yakni coklat dan kopi. “Sementara yang sudah berjalan itu hanya coklat dan kopi, tetapi lebih didominasi ekspor coklat, namun demikian untuk ekspornya masih sedikit sekali. Jadi dengan adanya ‘Merdeka Ekspor’ ini bisa membuka peluang Jembrana Untuk bisa mengekspor produk-produknya yang potensial,” tandasnya.(Humas/AM)

Editor: NJK

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA