by

Cara Mengubah Bahasa di Laptop untuk Windows dan Mac

KOPI, Nganjuk –  Saat pembelian laptop pertama kali, bahasa pertama yang biasanya terpasang adalah bahasa inggris. Hal ini tentunya menjadi masalah bagi mereka yang tidak bisa bahasa inggris. Padahal jumlah pengguna yang menggunakan laptop untuk bekerja mencapai 67% dari total 4,238 pengguna di tahun 2018. Namun, tidak perlu khawatir karena cara mengubah bahasa di laptop sangat mudah dilakukan.

Pada umumnya, laptop sudah memiliki beberapa bahasa yang terinstall di dalam sistem laptop. Beberapa bahasa yang hampir ada pada seluruh laptop tanpa perlu instalasi adalah bahasa inggris, prancis dan China. Namun, jangan khawatir, bagi yang laptopnya tidak ada bahasa Indonesianya pun dapat diinstall dan digunakan sebagai bahasa utama.

Langkah-langkah Mengganti Bahasa di Windows 10 menurut NeoTekno

Seperti laptop yang lainnya, saat pertama kali membeli laptop dengan Windows 10, bahasa yang digunakan pada laptop adalah bahasa Inggris. Namun, bagi mereka yang tidak nyaman menggunakan bahasa ini dapat menggantinya dengan bahasa lainnya. Cara mengubah bahasa di laptop pun sangat mudah yaitu tinggal diubah pada bagian pengaturan. Bagi yang ingin merubah bahasa di laptop, ikuti langkah-langkah mudah sebagai berikut:

1. Menekan Ikon Start

Langkah pertama dalam cara mengubah bahasa di laptop adalah dengan klik ikon start. Pilihlah pengaturan atau gambar bulat yang ada pada kiri layar. Nantinya akan muncul layar Time & Language dimana para pengguna bisa merubah bahasa yang ingin digunakan pada laptop.

2. Memilih Menu Region

Cara mengubah bahasa di laptop yang pertama dapat dilakukan dengan memilih tab region pada layar Time & Language. Disini, pilihlah negara atau wilayah yang ditempati dan klik pilihan negara tersebut. Selanjutnya pada menu regional format pilihlah bahasa yang ingin digunakan. Nantinya, regional format data akan berubah secara otomatis ketika negaranya telah diubah.

Setelah memilih dan negara yang diinginkan, keluarlah dari tampilan atau layar tersebut. Seharusnya, bahasa yang digunakan langsung berubah. Namun, jika tidak maka restart laptop agar bahasanya bisa berubah.

Pada umumnya, default negara pada laptop adalah United States. Dan hal ini pun untuk mempermudah orang dalam menggunakan berbagai macam Windows dan aplikasi.dalam laptopnya. Ada beberapa jenis aplikasi yang tidak bisa digunakan di semua negara. Jadi, sebelum menginstall sebuah aplikasi atau program, pastikan aplikasi tersebut dapat diinstall di negara yang telah dipilih.

3. Menginstall Bahasa Baru

Apabila sebuah bahasa ada pada preferred language namun tidak muncul pada Windows Display, maka bahasa tersebut harus diunduh terlebih diinstall terlebih dahulu. Cara mengubah bahasa di laptop adalah dengan membuka tombol start dan pergilah ke setting, time & language lalu ke language.

Untuk memilih bahasa yang tidak tampil, maka klik add a language dari preferred languages lalu pilih options. Lalu klik unduh untuk mengunduh Language Pack dan tunggulah hingga proses installnya selesai. Ketika proses instalasi telah selesai, maka pilihlah bahasa yang ingin digunakan untuk digunakan pada laptop.

Hampir semua bahasa yang ada di dunia tersedia dalam paket tersebut. Jika memilih bahasa Cina atau Jepang, maka hurufnya pun akan berubah sesuai dengan bahasa yang dipilih, huruf kanji atau tulisan cina.

4. Restart

Setelah memilih bahasa yang ingin digunakan, maka keluarlah dari tampilan atau layar Language. Seharusnya bahasa yang dipilih bisa secara otomatis tampil pada tulisan-tulisan di laptop. Namun, jika belum berubah, maka restart laptop terlebih dahulu. Nyalakan laptop kembali untuk melihat apakah bahasa yang dipilih sudah berubah atau belum.

Apabila bahasa yang dipilih belum berubah, maka cobalah restart laptop kembali. Jika bahasa masih belum berubah, maka periksalah pengaturan dalam menu time & language. Terkadang ada bahasa yang hanya dipilih dan ditambah ke system namun belum diinstall ke laptop. Jadi, pastikan untuk recek kembali apakah bahasa sudah tersedia dan terinstall di system.

Langkah-langkah Mengganti Bahasa di Mac

Selain Windows, salah satu jenis laptop yang banyak digunakan adalah MacBook. Sama halnya dengan laptop Windows, bahasa pada MacBook pun juga bisa diubah. Jadi, meskipun Macbook tersebut dibeli di Amerika Serikat dan digunakan di Indonesia, pengguna tetap dapat mengubah bahasa menjadi bahasa Indonesia. Selain itu, Macbook juga memiliki fitur untuk memilih bahasa yang berbeda untuk aplikasi yang berbeda.

Bagi yang ingin mengetahui cara mengubah bahasa di laptop, maka cobalah beberapa cara dan langkah dibawah. Cara-cara dibawah dapat mengubah bahasa utama maupun bahasa pada setiap akun pengguna Mac. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk merubah bahasa utama pada Macbook:

1. Masuk ke Menu Bahasa & Wilayah

Sama halnya dengan windows, cara mengubah bahasa di laptop dapat dilakukan dengan menekan Menu terlebih dahulu. Menu Apple adalah tombol dengan gambar Applenya dan berada di kiri atas. Ketik preferensi sistem dan pilih Bahasa & Wilayah.

2. Memasukkan Bahasa yang Diinginkan

Setelah masuk ke dalam tampilan Bahasa dan Wilayah, klik umum. Masukkan bahasa yang diinginkan dengan menekan bahasa dan tambahlah ke bagian atas daftar pilihan bahasa. Apabila bahasa yang diinginkan tidak ada, maka klik tombol + dan pilihlah bahasa yang diinginkan dan pilih tambah. Untuk dapat menerapkan bahasa ke seluruh sistem, maka restart laptop terlebih dahulu.

Perlu diketahui, bahwa dalam memilih bahasa, ada  dua bagian yang dipisah dengan sebuah garis. Bahasa yang di bagian atas adalah bahasa yang sepenuhnya dapat digunakan di MacOs. Ini artinya, semua menu, pesan hingga situs web akan menggunakan bahasa tersebut sebagai bahasa utamanya.

Sedangkan bahasa yang terletak di bagian bawah garis merupakan bahasa yang tidak didukung sepenuhnya oleh MacOs. Jadi, bisa jadi, bahasa tersebut bisa ditampilkan pada menu atau pesan, namun untuk beberapa situs bahasa tersebut tidak bisa ditampilkan.

Sedangkan bagi yang ingin menggunakan bahasa yang berbeda untuk aplikasi lain, dapat melakukannya di menu yang sama. Pilihlah menu Apple, preferensi sistem dan Klik Bahasa dan Wilayah. Lalu klik app, klik tanda + untuk memilih aplikasi dan bahasa yang diinginkan dan klik tambah. Lakukan hal yang sama untuk aplikasi lainnya jika ingin menerapkan bahasa yang berbeda.

3. Restart Laptop

Jika semua langkah telah dilakukan, maka restart laptop agar bahasa yang dipilih bisa diaplikasikan pada semua sistem. Seharusnya bahasa yang dipilih telah terpasang di seluruh sistem MacBook. Jangan lupa untuk mengecek aplikasi yang juga telah di setting.

Pengguna MacBook perlu mengetahui bahwa tidak semua aplikasi dapat menggunakan Bahasa Indonesia. Beberapa aplikasi profesional seperti Adobe Photoshop, Xcode hingga Android Studio tidak mendukung bahasa Indonesia. Sedangkan Google Earth, Chrome dan OneDrive sudah dapat menggunakan bahasa Indonesia.

Itulah cara mengubah bahasa di laptop Windows maupun Mac. Jadi, apapun laptop yang dimiliki, bahasa utama pada laptop dapat diubah dan disesuaikan dengan kebutuhan. Apabila bahasa yang diinginkan tidak ada, maka pastikan untuk menginstalnya terlebih dahulu sebelum menambahnya. Selanjutnya, jika sudah terinstall, maka terapkan bahasa tersebut pada laptop.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA