by

Bupati dan Wabup Jembrana Ikuti Pengukuhan Bendesa Adat Lewat Vidcon

KOPI, Jembrana – Bupati Jembrana, I Nengah Tamba, didampingi Wakil Bupati Jembrana, I Gede Ngurah Patriana Krisna, mengikuti pengukuhan Bendesa Adat Desa Adat Dauhwaru masa bhakti 2021–2026 secara virtual di Pura Jagatnatha Jembrana, pada _Rahina Saniscara Umanis,_ Sabtu (24/07/2021).

Pengukuhan I Nengah Rinata sebagai Bendesa adat Dauhwaru turut diikuti secara daring maupun luring oleh Kepala Kementerian Agama Kabupaten Jembrana, I Gede Sumarawan; Ketua Majelis Desa Adat Jembrana, I Nengah Subagia; Perwakilan dari Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Jembrana; Camat Jembrana, beserta masyarakat Desa Adat Dauhwaru dengan jumlah yang sangat terbatas dan tetap mengedepankan prokes yang ketat mengingat pengukuhan Bendesa berlangsung di tengah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Bupati Tamba dalam _sambhrama wacana_ (sambutannya) menyampaikan, “Selamat atas terpilihnya kembali I Nengah Rinata sebagai Bendesa Adat Dauhwaru bersama anggotanya serta mengucapkan terima kasih kepada panitia karena pengukuhan berjalan lancar termasuk saat pemilihan yang menggunakan sistem musyawarah/mufakat melibatkan seluruh masyarakat Desa Adat Dauhwaru, bukan melalui voting.

Hal tersebut sesuai dengan Perda Bali No. 4 Tahun 2019 tentang Desa Adat, pemilihan Bendesa hendaknya mengedepankan musyawarah/mufakat. “Artinya segala perbedaan pendapat berhasil disatukan bukan menggunakan sistem voting. Ini sebagai wujud kedewasaan dalam berdemokrasi, luar biasa sekaligus membanggakan,” sambut Bupati Tamba.

Lebih lanjut, Bupati Tamba mengajak Bendesa Desa Adat beserta Prajuru untuk lebih meningkatkan peran aktifnya guna bersinergi bersama dengan Lurah, dan Perbekel ikut menjaga desa masing-masing di tengah pandemi covid-19 khususnya dalam penerapan PPKM Darurat ini. 

“Jaga wilayah masing-masing, bantu pemerintah mengedukasi masyarakat untuk selalu disiplin prokes dan ajak masyarakat yang belum divaksin untuk segara mengikuti vaksinasi Covid-19. Itu menjadi hal yang sangat penting demi kebaikan kita bersama. Kita sekarang harus tertib, disiplin, supaya masyarakat bisa dikendalikan, dan kasus Covid-19 bisa ditangani,” imbuhnya. (Hms/AM)

Editor: NJK

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA