by

Ayo Ngelong ke Lubuklinggau, Banyak Wisata yang Akan Memanjakan Anda!

KOPI, Lubuklinggau – Destinasi tujuan tempat wisata di Indonesia sangat beragam, hal ini tidak terlepas dari Pesona alam dan budaya indonesia yang dimiliki menjadi daya tarik tersendiri. Keindahannya bukan hanya dikenal di Indonesia saja, bahkan di dunia. Bagi yang merencanakan liburan, inilah beberapa tempat rekomendasi destinasi wisata di Kota Lubuklingau.

Banyak objek wisata potensial yang sudah terkenal, bahkan hingga ke mancanegara. Hal itu berkat upaya pemerintah daerah yang terus gencar melakukan promosi, apalagi pemerintah Kota Lubuklinggau mempunyai program “Ayo Ngelong Ke Lubuklinggau” di komandoi oleh Walikota Lubuklinggau H SN Prana Putra Sohe, yang memprioritaskan daya tarik para wisatawan, dan investor.

Jumlah wisatawan yang berkunjung, terus meningkat. Seiring dengan meningkatnya jumlah pengunjung ke objek wisata. Pastinya, kebutuhan oleh–oleh khas Kota Lubuklinggau menjadi incaran para wisatawan.

Pada Tahun 2020 Dinas Kebudayaan dan Pariwisata telah memberdayakan pemandu wisata, mengingat destinasi wisata, Kota Lubuklinggau sudah bermunculan.

Selain destinasi wisata yang memang sudah tidak sedikit pengunjungnya seperti destinasi Air Terjun Temam, destinasi Bukit Sulap, destinasi Goa Batu, destinasi Air Terjun Sando, destinasi Air Terjun Taba Baru, destinasi wisata Arung Jeram Sungai Kelingi, destinasi Sungai Kasie, destinasi Sungai Batu Pepeh, destinasi Kuliner Gubuk Mang Engking, destinasi Religi Masjid Agung As Salam, destinasi Religi Masjid An Nasir Sohe, dan masih banyak destinasi yg lainnya seperti pantai buatan yang sekarang lagi dalam proses pengerjaan. Jadi masyarakat penggiat wisata mulai menyadari bahwa destinasi wisata sudah dapat diperhitungkan dari sisi income.

Air Terjun Temam

Air Terjun Temam merupakan salah satu obyek wisata alam di Sumatera Selatan yang berada di Kelurahan Rahma, Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan, kurang lebih sekitar 11 km dari Pusat Kota Lubuklinggau. Sedangkan jika anda dari kota Palembang, Kota Lubuklinggau ini bisa ditempuh dengan waktu sekitar 6,5 jam.

Satu hal yang menarik dari Air Terjun Temam ini adalah bentuknya yang mirip dengan Air Terjun Niagara yang ada di perbatasan Amerika dan Kanada. Air Terjun Temam ini memang bentuknya memanjang ke samping seperti Tirai raksasa, mirip air terjun Niagara tetapi Air Terjun Temam ini lebih kecil ukuranya. Air Terjun Temam ini berasal dari aliran sungai Temam yang masih bersih dan terbebas dari sampah, jadi tidak perlu khawatir untuk tetap bisa menikmati dan bermain air di area air terjun ini.

Air Terjun Temam berbeda dengan air terjun tinggi menjulang yang biasa Anda temui, air terjun yang terbentuk secara alami ini memiliki bentuk memanjang yang berukuran tinggi sekitar 12 meter dan lebar mencapai 25 meter. Keunikan batu yang berbentuk celah dan melengkung dibawah air terjun ini banyak dimanfaatkan oleh pengunjung yang  duduk-duduk sambil menikmati sensasi jatuhnya air dihadapan mereka. Duduk menghadap air terjun dan merasakan langsung hempasan air yang jatuh merupakan ide yang tepat untuk berfoto narsis atau sekedar mengambil latar belakang air terjun dan jika Anda punya nyali bisa melompat dengan ketinggian air 12 meter dengan kedalaman 4 meter, hal ini biasanya dilakukan anak anak warga sekitar.

Bukit sulap

Walaupun topografi alam tidak begitu berbukit-bukit, namun di satu sisi kota ini, anda bisa melihat sebuah kawasan perbukitan yang menjadi puncak tertinggi Lubuk Linggau. Puncak tersebut adalah Bukit Sulap. Wisata Bukit Sulap terletak di Jl. Bengawan Solo,Ulak Surung,Lubuk Linggau Utara II,Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan.

Wisata ini sangat ramai dikunjungi wisatawan tiap harinya, baik dari Lubuk Linggau dan sekitarnya maupun dari provinsi tetangga dari Bengkulu. Wisata Bukit Sulap tidak pernah sepi oleh wisatawan. Wisata Bukit Sulap sangat mudah diakses oleh pengunjung karena letaknya yang dekat dengan kota Lubuk Linggau. Untuk ke wisata Bukit Sulap dari Lubuk Linggau hanya nemempuh jarak 2,1 KM. Nuansa hijau dari Bukit Sulap seakan menjadi paru-paru warga Kota yang menempati kawasan seluas 401,50 Km atau 40.150 Ha yang meliputi 8 wilayah kecamatan dan 72 kelurahan.

Wow, di Kota Lubuklinggau ini juga ada Inclinator, keren sekali. Buat yang belum tahu apa itu inclinator, itu adalah sebuah wahana sarana transportasi yang biasa digunakan diarea yang memiliki kemiringan yang cukup ekstrim misal kurang lebih 45 derajat. Namun Bagi warga linggau sering disebut sebagai Kereta Gantung Bukit Sulap.

Arung Jeram Sungai Kelingi

Bagi pecinta olah raga air dan menyukai kegiatan menantang, destinasi wisata air arung jeram dapat dicoba. Tersedia fasilitas berupa perlengkapan arung jeram, guide (pemandu), tim rescue dan pilihan paket rafting. Start arung jeram (rafting) dimulai di sungai kelingi Kelurahan Kayu Ara sepanjang kurang lebih 2 km dengan airnya yang cukup deras dan dipenuhi oleh batu- batu besar serta masih jauh dari polusi sehingga memberikan kesegaran dan kesejukan kepada para wisatawan.

Masjid Agung As-Salam

Tidak hanya memiliki tempat wisata alam yang indah, namun di kota ini anda juga bisa berkunjung ke tempat wisata spiritual seperti Masjid Agung As-salam, atau yang lebih dikenal dengan sebutan Masjid Agung Lubuklinggau. Di halaman depan Masjid terdapat air mancur yang menari-nari di waktu kumandang Adzan, serta 40 buah pilar tiang masjid menggambarkan usia Nabi Muhammad SAW menjadi Rosul. 63 pohon kurma menggambarkan usia Nabi Muhammad SAW. Terdapat juga kantin duafa Islamic Center (Kantor bersama Lembaga Islam) dan Menara Kakak Adik  yang salah satu menaranya dapat dinaiki oleh jamaah untuk melihat Kota Lubuklinggau dari ketinggian.

Bukan hanya Masjid Agung As Salam saja yang bisa dijadikan wisata religi yang memanjakan, Kota Lubuklinggau terus berbenah untuk menarik wisatawan.

Masjid An Nasir Sohe

Seperti halnya, dibangunnya masjid An-Nasir Sohe yang berfungsi sebagai tempat ibadah umat islam. Namun disamping itu, Masjid ini juga menjadi tempat wisata religi yang kental dengan nuansa keagamaan. Keunikan arsitektur masjid An-Nasir Sohe menjadi daya tarik wisatawan untuk beribadah dan menikmati keindahan Masjid. Bentuk masjid An-Nasir Sore lebih unik dari Masjid biasa nya. Jika Masjid pada umumnya memiliki Kuba yang besar. Maka lain hal nya dengan Masjid An-Nasir Sohe, bangunannya berbentuk segi tiga bila di pandang dari depan masjid. Dihiasi lampu-lampu warna-warni yang memberikan kesan megah dan indah dipandang, serta adanya bangku-bangku dan pepohonan rindang untuk beristirahat menikmati senja.

Masih banyak lagi Destinasi Wisata di Kota Lubuklinggau lainnya yang bisa memanjakan para wisatawan

“Ayo Ngelong ke Lubuklinggau”. (Vhio)

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA