by

Wisata Jogja Dekat Malioboro

KOPI, Yogyakarta – Wisata Jogja. Jangan salah selain terkenal keunikan seni, budaya dan pendidikan, Kota Yogyakarta juga mempunyai banyak sekali objek wisata yang wajib kalian kunjungi ketika sedang berada di Jogja. Jangan lupa mampir di embung krapyak. Wisata di Jogja menyimpan sejuta keindahan alam yang sangat elok.

Salah satu wisata yang sangat terkenal di kalangan warga lokal maupun mancanegara adalah wisata Pantai Parangtritis. Pantai Parangtritis berada di daerah selatan Yogyakarta, sekitar 28 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta.

Pantai Parangtritis disebut sebagai salah satu lambang kekuatan Trimurti di Yogyakarta bersama dengan Gunung Merapi dan Keraton Kesultanan Jogja. Seperti pada artikel sebelumnya sudah disebutkan, Pantai Parangtrites mempunyai elemen air. Maka tidak mengherankan jika pantai ini memiliki peran penting bagi Kota Yogyakarta.

Pantai yang berpasir hitam ini sangat cocok untuk liburan sambil menikmati deburan ombak pantai selatan bersama keluarga, teman, pacar, yang terpenting jangan sama mantan.

Pantai Parangtritis memiliki pemandangan yang unik, karena di sekitar pantai kalian bisa melihat indahnya pemandangan gumuk pasir. Gumuk pasir sendiri adalah pasir yang membentuk gunung-gunung karena tersapu oleh tiupan angin.

Keunikan Pantai Parangtritis

Uniknya lagi jika kalian berkunjung ke pantai ini kalian juga bisa menikmati pantai dengan cara menaiki kuda yang disewakan di sepanjang Pantai Parangtritis. Harganya pun cukup terjangkau sekitar Rp 20.000 – Rp 50.000.

Kalau kalian takut naik kuda, tenang masih ada wahana lain yang ditawarkan yaitu mobil ATV. Kalian dapat memainkan ATV dengan menyewa. Harganya berkisar Rp 50.000 – Rp 100.000 tergantung berapa lama durasi memakainya.

Pada sore hari menjelang malam, kalian juga dapat menikmati pemandangan tenggelamnya sang mentari (sunset) yang sangat indah. Apalagi buat foto-foto, sangat-sangat recommended buat kalian yang suka hunting foto.

Di sisi utara timur pantai, kalian dapat menemukan bukit-bukit yang sangat cocok untuk menikmati pemandangan sore hari ditemani angin sepoi-sepoi. Dan, jika kalian ingin menginap, di sekitaran pantai banyak penginapan. Atau bagi kalian yang suka nge-camp, bisa mendirikan tenda di pinggir pantai.

Cukup sekian artikel ini semoga dapat membantu kalian jika ingin mencari referensi tempat wisata di Jogja. (*)

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA