by

4 Tips Menghasilkan Foto yang Bagus Menggunakan Kamera Smartphone

KOPI, Jakarta – Menghasilkan foto yang bagus di smartphone tidak hanya sekedar masalah mahal atau murahnya smartphone tersebut dan tidak hanya sekedar masalah bagus atau tidaknya kualitas kamera smartphone tersebut. Ada banyak hal yang mempengaruhi kualitas sebuah foto, bahkan smartphone dengan kamera yang bagus pun akan terasa percuma apabila digunakan oleh orang yang sama sekali tidak tahu cara memanfaatkannya.

Seperti yang saya katakan sebelumnya, ada banyak hal atau faktor yang mempengaruhi kualitas sebuah foto seperti pencahayaan (lighting), sudut pengambilan gambar (angle) dan kualitas kamera, tapi meski kualitas kamera smartphone sendiri mempengaruhi bukan berarti kualitas kamera adalah segalanya.

Rata-rata orang jaman sekarang punya smartphone dengan harga 1-2 jutaan, dan di jaman sekarang ini smartphone 1-2 jutaan sudah punya kamera yang cukup untuk menghasilkan foto yang bagus, ya meski ada kekurangannya tapi asal kekurangan yang ada ditutupi oleh teknik yang tepat maka hasilnya pun akan tidak mengecewakan.

Ngomong-ngomong soal teknik yang tepat, maksudnya yang seperti apa sih?

Jika menjelaskan teknik fotografi dari awal persiapan pengambilan foto hingga selesai pengambilan foto tentunya artikel ini tidak akan selesai ditulis dalam satu hari. Oleh karena itu, pada kali ini yang akan saya bagikan adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan hasil foto yang ciamik hanya dari kamera smartphone saja.

Penasaran apa saja tips-tipsnya? Simak di bawah ini.

4 tips yang akan saya bagikan merupakan tips yang berasal dari pengalaman saya dalam memanfaatkan kamera smartphone pribadi yang kualitasnya biasa-biasa saja dan bahkan tergolong kurang untuk standar smartphone murah saat ini.

Oke tanpa berlama-lama lagi, berikut ini tips-tipsnya.

1. Konsep terlebih dahulu foto seperti apa yang ingin coba Anda hasilkan

Sebelum masuk ke sesi pengambilan foto, tentunya Anda harus terlebih dahulu mengkonsep seperti apa foto yang ingin Anda hasilkan. Dalam mengkonsep foto tentunya Anda harus mempertimbangkan berbagai hal, beberapa hal yang harus dipertimbangkan adalah kemampuan kamera smartphone, lighting dan keadaan sekitar.

Sesuaikan konsep foto Anda dengan kemampuan kamera, lighting dan keadaan sekitar Anda agar foto yang Anda hasilkan optimal. Sebagai contoh, jika kamera smartphone Anda jelek untuk mempotret foto di keadaan minim cahaya maka buatlah konsep foto dengan lighting yang terang, jangan coba-coba membuat konsep foto minim cahaya.

Jika Anda sudah mengetahui kearah mana konsep foto Anda harus disesuaikan tapi masih bingung membuat konsep fotonya, maka jangan ragu-ragu untuk mencari referensi di internet.

2. Persiapkan pengambilan foto sesuai dengan konsep foto yang Anda buat

Tips selanjutnya yang harus Anda lakukan setelah membuat konsep foto adalah mempersiapkan pengambilan foto sesuai dengan konsep yang dibuat.

Dalam mempersiapkan pengambilan foto Anda perlu menyiapkan kamera smartphone Anda, objek yang ingin Anda potret dan pencahayaan sesuai dengan konsep foto yang Anda buat.

Contohnya jika ingin mencoba menghasilkan foto produk dengan style minimalist ala-ala foto dari brand besar, tentunya Anda harus menyiapkan lighting yang cukup, background foto yang terkesan clean dan minimalis, angle foto yang bagus serta kamera smartphone yang sudah disetting fokus dan eksposurenya (bagi yang tidak paham sama sekali bisa gunakan fokus dan eksposure auto saja).

Jika semuanya sudah siap, baru kemudian melakukan pengambilan gambar.

3. Ambil Foto dengan teknik yang benar

Teknik pengambilan foto yang tepat ketika menggunakan smartphone tentunya adalah menjaga agar smartphone stabil dan tidak bergerak sedikitpun ketika pengambilan foto dilakukan.

Untuk mengakali agar smartphone Anda tetap stabil dan tidak bergerak Anda bisa menggunakan tripod, atau jika Anda malas menggunakan tripod, Anda bisa menstabilkan kamera dengan cara memposisikan tubuh senyaman mungkin dan menahan nafas saat melakukan pengambilan foto.

Sampai disini Anda seharusnya sudah mendapatkan hasil foto yang sesuai atau setidaknya mendekati konsep serta ekspektasi Anda. Namun, jika belum Anda bisa mencoba mengulangi menyesuaikan beberapa hal dan mengulangi pengambilan gambar hingga mendapatkan hasil yang terbaik.

Tapi jika foto terbaik dari sekian banyak foto yang Anda ambil ternyata belum memuaskan juga maka Anda bisa mencoba melakukan tips selanjutnya.

4. Edit foto agar menjadi lebih baik

Cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat foto terbaik Anda menjadi lebih baik lagi adalah dengan mengeditnya.

Mengedit foto bisa Anda lakukan di smartphone, tak harus menggunakan komputer, faktanya ada banyak aplikasi edit foto yang tersedia untuk smartphone.

Dari beberapa rekomendasi aplikasi edit foto di Smartphone yang direkomendasikan oleh Phonesable, berikut ini beberapa aplikasi yang menurut saya paling bagus diantara aplikasi lainnya:

  1. Adobe Lightroom
  2. VSCO
  3. Snapseed

Ketiga aplikasi tersebut saya rekomendasikan sebab ketiga aplikasi tersebut punya kemampuan yang bagus dalam mengedit berbagai komponen dalam sebuah foto.

Penutup

Demikian beberapa tips mengahasilkan foto menggunakan kamera smartphone yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel-artikel saya berikutnya.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA