by

3 Cara Basmi Rayap Dengan Mudah

KOPI, Bandung – Setelah ratusan tahun lama waktunya, rayap yang umumnya mempunyai ekosistem dalam tanah di area perkebunan atau persawahan. Sekarang berpindah dekat dengan manusia. Bukan mereka yang mendekat dengan manusia, tetapi manusia yang mendekatkan diri pada mereka. Banyak bangunan-bangunan baru, dimulai dari perumahan, sekolah, tempat beribadah, sarana umum, dan lain-lain. Sekarang dibangun di atas tanah yang dahulunya tidak jadi fokus utama pembangunan.

Tersedianya tempat yang semakin sempit. Mahalnya harga tanah, memaksakan manusia manfaatkan semua tempat tahan yang ada untuk pembangunan. Tanpa kita ketahui, jika ada makhluk kecil ada dalam tanah. Hasilnya, mereka yang biasanya bersarang dalam tanah mau tak mau berpindah di bangunan. Manfaatkan kayu-kayu yang berada di bangunan sebagai sarang.

Mengakibatkan, kayu-kayu yang kita pakai di dalam rumah mulai cepat hancur. Bahkan juga kadang sampai remuk. Sekarang, rayap yang dahulunya sebagai hewan yang mempunyai peranan menyuburkan tanah karena karakternya yang sanggup merinci tanah. Justru jadi hama untuk bangunan. Manusia berpindah memberantas mereka. Walau sebenarnya rayap adalah hewan purba yang hidup sampai saat ini. Mereka sanggup hidup sampai puluhan tahun, khususnya ratu rayap.

Cara Menghilangkan Rayap

Supaya tidak menyebabkan kerusakan pada kayu bangunan, contoh kayu lantai, kusen dan sebagainya. Rayap memang seharusnya di tumpas. Tapi membasminya bukan masalah gampang, ingat rayap mempunyai tempat hidup dalam tanah. cukup susah untuk mendapati di mana sarang mereka lalu membasminya.

Meskipun begitu bukan berarti mereka tidak dapat di basmi. Berikut ini beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk membasi rayap yang kami lansir dari anti rayap Bandung, antara lain :

  1. Memakai Bahan Alami

Beberapa bahan alami seperti air cucian beras, sari buah asam, sanggup membunuh dan mengusir rayap. Sayang untuk memakai sistem alami ini, cuman dapat kita kerjakan pada rayap yang sudah nampak. Bila dalam tanah, terang mustahil. Lebih-lebih bahan yang ada cukup terbatas. Hingga anda cukup susah untuk melakukanya.

  1. Memakai Bahan Kimia

Kecuali langkah alami membasmi rayap, langkah kimia untuk memberantas rayap ada juga. Anda dapat memakai sisa oli, sisa sabut, atau minyak. Walau lebih baik daripada langkah alami, memakai bahan kimia condong mengotori lingkungan. Apa lagi bahan kimia semacan ini tidak dapat dipakai bila rayap ada dalam tanah. anda akan cukup susah untuk melakukanya.

Nah, untuk membasmi rayap pastikan anda melakukanya dengan step yang baik. Pertama bersihkan tempat dari rayap, bunuh rayapnya, lalu berikan perlindungan supaya rayap tidak kembali.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA