by

Curup Subahan Pekon Padang Tambak Diduga Diserobot Pekon Tambak Jaya

KOPI, Lambar – Kisruh terkait nama ‘Air terjun Curup Subahan’ diklaim dengan nama ‘Air Terjun Tirtomoyo’ menui pro-kontra setelah diposting oleh akun Facebook “Kang guru”. Curup Subahan berada di lokasi Pekon Padang Tambak, Kecamatan Waytenong, Kabupaten Lambar.

Beberapa warga masyarakat setempat angkat bicara terkait permasalahan tersebut. Nizam selaku warga Pekon Padang Tambak, Kecamatan Waytenong, Kabupaten Lambar, menolak keras perubahan nama air terjun tersebut karena air terjun itu dari dulu sampai sekarang bernama ‘Air Curup Subahan’.

“Nama Curup Subahan’ itu sudah terkenal luas di masyarakat kecamatan Waytenong khususnya warga Pekon Tanjung Raya, Sukananti, Sukaraja dan Padang Tambak sendiri,” ujar Nizam.

Nizam pun mengajak tokoh masyarakat dan tokoh pemuda untuk bermuswarah di kediamannya, Minggu (27/12/20), untuk membahas persoalan tersebut.

Sementara itu, Panani selaku tokoh masyarakat yang hadir pada musyawarah tersebut mengatakan bahwa Curup Subahan itu termasuk wilayah Pekon Padang Tambak dikarenakan beliau pernah menjabat sebagai aparatur Pekon Padang Tambak selama kurang lebih 13 tahun sebagai sekretaris desa/Pekon (sekdes). “Saya selaku mantan sekdes mengetahui betul batas-batas Pekon Padang Tambak dan Tambak Jaya dan peta nya pun ada waktu itu,” ucapnya.

Begitu juga dengan Kasman yang merupakan mantan peratin, ia membenarkan bahwa “Curup Subahan itu masuk ke tapal batas wilayah Pekon Padang Tambak. Sebab di waktu jaman pemerintahan beliau Curup Subahan itu masuk ke wilayah Pekon Padang Tambak, kenapa sekarang bisa di duga masuk ke wilayah pekon Tambak Jaya tandas nya.”

“Kalau memang betul Curup Subahan itu masuk peta wilayah Pekon Padang Tambak kita harus mempertanyakan tapal batas ini ke pemerintahan Pekon Padang Tambak yang memimpin saat ini. Ini bukan lagi menyangkut masalah wilayah Pemerintahan,” ucap Edi.

Kami siap jadi saksi bahwa betul lokasi Air Terjun Curup Subahan itu masuk wilayah Pekon Padang Tambak,” tambah Panani dan Kasman.

Sehubungan dengan ada nya informasi dugaan Curup Subahan itu masuk wilayah Pemerintahan Pekon Padang Tambak, maka Marda lena selaku tokoh pemudi menghimbau Kepada masyarakat yang hadir untuk mempertanyakan wilayah dan nama Curup tersebut kepada peratin Pekon Padang Tambak yang menjabat saat ini.

Terkait permasalahan ini kami mengkonfirmasi kepada peratin Padang Tambak, beliau mengatakan bahwa beliau sudah bertemu dan koordinasi dengan Peratin Tambak Jaya, dan dalam waktu dekat akan duduk bersama dengan unsur aparatur Pekon untuk membahas dan menyelesaikan permasalahan tersebut. (S.Toro)

Editor: NJK

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA