by

Apakah Minum Kopi Bisa Melawan Penyakit Mulut dan Gigi?

KOPI, Mamuju – Pagi hari ini sehabis sholat subuh seperti biasanya saya beranjak ke meja kerja membuka Laptop dan browsing agar lebih dulu, lebih cepat dapat menikmati berita-berita anyar yang dipancarkan dari berbagai belahan dunia lewat internet, berita atau artikel yang menjadi pilihan saya dipagi hari adalah mengenai kesehatan.

Saya tertarik pada sebuah artikel di sebuah Media Online terkemuka,   judulnya ”Kopi Dapat Melawan Penyakit Mulut“. Mengingat manfaatnya, saya berikhtiar untuk sharing (berbagi) dengan pembaca walau ada pihak yang diuntungkan dengan tulisan yang bernada promosi kali ini. Saya anggap itu adalah beramal, untung-untung kalau mereka yang berusaha di bisnis kopi bisa memahami dan berterima kasih.

Menurut penelitian yang pernah saya baca, kopi bermanfaat mengurangi resiko serangan jantung. Walau begitu, sesungguhnya hal ini masih sangat perlu untuk melakukan verifikasi pada dokter akhli jantung.

Serangan jantung memang berbahaya, yang merupakan salah satu pembunuh manusia secara tiba-tiba yang paling sering terjadi di Indonesia. Bahwa meminum kopi hangat setiap hari dapat meningkatkan vitalitas dan energi, saya juga merasakannya. Setiap saya minum kopi hangat, perasaan saya menjadi segar dan vitalitas saya semakin bertambah untuk memulai aktivitas rutin maupun berkala.

Dari laman Okezone.com merilis bahwa biasanya para penikmat kopi khawatir kecintaannya pada kopi dapat berdampak buruk bagi kesehatan gigi dan mulut. Benarkah ini? Kabar baik untuk para pencinta kopi dari para peneliti dari Boston University, dikabarkan telah menemukan bahwa anti oksidan di dalam kopi dapat melawan penyakit gusi. Dalam penelitian yang dipublikasikan dalam Journal Of Periodontology, spesialis kesehatan School Of Dental Medecine menemukan bahwa “dengan mengkomsumsi kopi tidaklah memiliki efek buruk pada kesehatan Periodontal. Justru sebaliknya minum kopi kemungkinan memiliki efek perlindungan terhadap penyakit periodontal”. Kopi dapat melawan penyakit mulut dan gigi.

Kalau  demikian wajar saja bila di Kota Mamuju yang sedang bangkit mengejar ketertinggalan sebagai salah satu Ibukota Provinsi baru dimanfaatkan dengan baik oleh pebisnis Warung Kopi.

Dan ada beberapa Warung Kopi yang dapat memanjakan mulut, lidah dan kerongkongan oleh para penikmat kopi dengan fasilitas internet untuk browsing yang tersebar di penjuru Kota Mamuju, sambil menyerut segelas kopi dan jajanan pengunjung dapat memanjakan kerongkongan sembari  kongkow-kongkow dengan teman-teman.

Dan kalau sedang suntuk bisa minum kopi sembari sharing informasi mencari peluang meminimalisir tantangan menggapai impian. (Foto: casbac.com)

Comment

Berita menarik lainnya...