by

Masikian Festival Jembrana Ditutup, Bupati Tamba: Ini Memberi Ruang yang Sangat Luar Biasa

KOPI, Jembrana – Bupati Jembrana I Nengah Tamba secara resmi menutup
Gelaran Masikian Festival pada malam terakhir, Kamis (7/3/2024, yang ditandai dengan penyerahan penghargaan bagi para Sekaa Truna (ST) pemenang lomba pada tiga kategori. Gelaran Masikian Festival Tahun 2024 yang mengangkat tema: ‘Abhitah Yowana Catha’ telah berlangsung sukses dengan menghadirkan lomba ogoh-ogoh dewasa, mini dan sketsa ogoh-ogoh selama tiga hari, dari tanggal 5- 7 Maret 2924, bertempat di Gedung Kesenian Ir. Soekarno, Jembrana Bali.

Dalam malam terakhir tersebut tidak hanya penyerahan hadiah lomba saja, tetapi pada malam terakhir Masikian Festival tersebut juga diisi hiburan oleh band-band lokal Jembrana seperti:

  1. Roxx Kids
  2. Bocah Tua Nakal
  3. Senar Putus
  4. +62 Reborn.

Adapun yang menjadi guest starnya yaitu Bagus Wirata.

Ketua Pasikian Yowana Jembrana, Putu Ferry menyampaikan bahwa hasil dari penilaian juri telah menetapkan dari 15 ogoh-ogoh yang telah tampil dalam Masikian Festival tahun ini. “Dalam lomba tersebut yang berhasil meraih juara yaitu:

  1. Juara I, diraih oleh Sekaa Teruna (ST) Kembang Sari, Banjar Banyubiru, Desa Banyubiru, dengan tema ogoh-ogoh: ‘Mebarung Gelung’
  2. Juara II, diraih oleh Sekaa Teruna (ST) Satya Dharma Kerti, Banjar Adat Cempaka, Desa Pahyangan, dengan tema ogoh-ogoh: ‘Nyapa Kadi Aku’
  3. Juara III, diraih oleh Sekaa Teruna (ST) Eka Jaya Sari, Banjar Adat Bunut Bolong, Desa Manggissari, dengan tema ogoh-ogoh: ‘Kumbakarna Lina’.

Sedangkan yang meraih juara harapan sebagai berikut:

  1. Juara harapan I, diraih oleh Sekaa Teruna (ST) Satya Dharma, Banjar Adat Dana Sari, Desa Adat Ekasari, dengan tema ogoh-ogoh: ‘Kawah Candra Gowuka’
  2. Juara harapan II, Sekaa Teruna (ST) Yuwana Dharma Kanthi, Banjar Adat Peh, Desa Kaliakah, dengan tema ogoh-ogoh: ‘Kaliakan’.

Itulah ogoh-ogoh yang berhasil meraih juara 1,2,3 dan juara harapan 1 dan 2,” ucapnya.

Ia juga menyampaikan bahwa untuk para pemenang berhak mendapatkan piala dan uang tunai yaitu:

  1. Juara I, mendapatkan uang tunai sebesar Rp15 juta
  2. Juara II, mendapatkan uang tunai sebesar Rp12 juta
  3. Juara III, mendapatkan uang tunai sebesar Rp10 juta.

Sementara juara harapan I dan II, masing-masing mendapatkan uang tunai sebesar Rp7 juta. “Kami ucapkan selamat kepada para pemenang lomba ogoh-ogoh dewasa dari para Yowana Jembrana, serta tetap semangat dan terus berkreativitas,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Tamba disela-sela kegiatan menyampaikan apresiasi kepada hasil karya ogoh-ogoh, baik itu dari ogoh-ogoh dewasa, ogoh-ogoh mini, sketsa ogoh-ogoh dari para sekehe teruna. “Masikian Festival ini telah memberi ruang yang sangat luar biasa bagi para sekehe teruna dalam berkreativitas, khususnya dalam menciptakan seni ogoh-ogoh, yang merupakan bagian dari tradisi Bali dalam menyambut Hari Raya Nyepi,” ucapnya.

Lebih lanjut, Bupati Tamba mengungkapkan bahwa hasil karya ogoh-ogoh dengan tema yang beragam, mengangkat isu-isu sosial atau lingkungan, hingga kisah pewayangan yang tidak lepas pada aspek estetika dan keindahan desainnya. “Untuk itu, astungkara (mudah-mudahan) di tahun depan kita akan menaikkan dana kreativitas ogoh-ogoh yang sebelumnya per ST memperoleh Rp 2,5 juta naik menjadi Rp3 juta, ini juga sebagai bentuk dukungan pemerintah terhadap kreativitas yowana-yowana yang ada di Jembrana,” ungkapnya.

Lanjutnya, Bupati Tamba juga turut mengajak para yowana untuk ‘Masikian’ bersatu padu bersama-sama mewujudkan Jembrana Emas 2026. “Tentu untuk mewujudkan cita-cita besar, Jembrana Emas 2026 perlu dukungan dan komitmen semua lapisan masyarakat dan para yowana itu sendiri, selamat menyambut Hari Raya Kuningan dan Hari Raya Nyepi dan khusus untuk Nyepi lakukan Catur Brata Penyepian dengan sungguh-sungguh,” ajaknya.

Hasil penjurian dari lomba ogoh-ogoh mini antara lain yaitu:

  1. Juara I, diraih oleh Sekaa Teruna (ST) Yowana Dharma Cakra, Desa Adat BB Agung
  2. Juara II, diraih oleh Sekaa Teruna (ST) Satya Werdhi, Desa Adat Sangkaragung
  3. Juara III, diraih oleh Sekaa Teruna (ST) Guna Widya, Desa Adat Kertha Jaya, Desa Pendem.

Kemudian untuk lomba sketsa ogoh-ogoh yang menjadi juara yaitu:

  1. Juara I, diraih oleh Sekaa Teruna (ST) Satya Dharma Kerti, Desa Pahyangan
  2. Juara II, diraih oleh Sekaa Teruna (ST) Susila Karya, Desa Adat Berangbang
  3. Juara III, diraih oleh Sekaa Teruna (ST) Yowana Dharma Kanti, Banjar Peh, Desa Adat Dharma Laksana.

Itulah para juara lomba ogoh-ogoh mini dan sketsa ogoh-ogoh Sekaa Teruna Desa Adat di Jembrana.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kapolres Jembrana AKBP Endang Tri Purwanto, Sekda Jembrana I Made Budiasa, Kepala Kemenag Jembrana, I Gede Sumarawan, Perwakilan Forkopimda, Kepala OPD terkait, Majelis Desa Adat Kabupaten Jembrana, Pasikan Yowana Jembrana serta Sekaa Teruna (ST). (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA