by

Bupati Tamba Launching Jembrana Kota Coklat dan IJB Chocolate Festival 2024

KOPI, Jembrana – Bupati Jembrana I Nengah Tamba Launching Jembrana Kota Coklat dan Internasional Jembrana Bali Chocolate Festival 2024 dilakukan dengan menembak panah, diikuti oleh tos minum coklat, Sabtu (3/2/2024) malam. Pada puncak Internasional Jembrana Bali Chocolate Festival (IJB Chocofest) ditandai pembacaan surat keputusan tentang penetapan Kabupaten Jembrana sebagai Kota Coklat oleh Bappeda Jembrana.

Turut hadir pada acara tersebut, Menteri Koperasi dan UKM RI yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi Makro RI, Rulli Nuryanto, Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisana serta jajaran Forkopimda, hadir juga tamu-tamu asing wisatawan mancanegara berbaur dengan masyarakat memadati areal Kebun Raya Jagatnatha.

Pemerintah Kabupaten Jembrana terus berkomitmen mengembangkan Kakao Jembrana tidak hanya produksi di hulu tapi juga pengembangan di hilir, dengan cokelat hasil produksi dari biji kakao beserta turunan lainnya, ditambah lagi, dengan adanya rumah produksi bersama cokelat atas bantuan pemerintah pusat, kini Jembrana telah siap memasarkan produk olahan cokelat sebagai bagian hilirisasi produk kakao petani Jembrana. Selama ini biji kakao Jembrana dikenal sudah menembus pasar ekspor dengan kualitas premium, kini sedang menyasar produk olahan cokelat sehingga semakin meneguhkan predikat Jembrana sebagai kota cokelat kelas dunia.

Langkah makin mengenalkan kakao Jembrana salah satunya dengan deklarasi Jembrana sebagai Kota Cokelat dikenalkan pada pagelaran Internasional Jembrana Bali Chocolate Festival (IJB Chocofest) berlangsung selama dua hari pada Jumat dan Sabtu 2-3 Februari 2024 di Kebun Raya Jagatnatha Jembrana. Festival dimeriahkan dengan pameran UMKM dengan berbagai makanan dan minuman berbahan cokelat, pagelaran musik, teatrikal budaya, tarian massal hingga jegog mebarung, khusus di hari pertama, juga diadakan workshop film secara gratis yang dipandu oleh sutradara kenamaan, Reza Surianegara, tujuannya mengenalkan berbagai potensi Jembrana melalui sarana video pendek.

Usai launching Jembrana Kota Coklat dan Internasional Jembrana Bali Chocolate Festival 2024, Bupati Tamba mengatakan bahwa peluncuran Jembrana Kota Cokelat dan International Jembrana Bali Chocholate Festival 2024 sebagai hilirisasi produk petani kakao Jembrana, untuk mendapat nilai tambah yang lebih tinggi, kakao Jembrana perlu diolah menjadi sebuah produk cokelat. “Pemerintah pusat memberikan bantuan rumah produksi bersama cokelat yang dapat memproduksi olahan cokelat yang bernilai ekonomis lebih tinggi, tak hanya itu, Jembrana kini memiliki tantangan baru bagaimana untuk dapat memasarkan produk olahan cokelat, salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menggelar International Jembrana Bali Chocholate Festival,” ucapnya.

Selain itu, Bupati Tamba menjelaskan bahwa kakao Jembrana selama ini dikenal sebagai komoditas unggulan di sektor pertanian dan perkebunan, bahkan dengan kualitasnya itu, sudah diakui dunia dengan ekspor biji kakao dengan kualitas premium, selama ini Pemkab Jembrana sudah mengekspor cokelat ke Eropa dan Amerika Serikat, setiap kali ekspor volumenya bisa mencapai 12 ton. Oleh karena itu, Pemkab Jembrana terus berkomitmen mengembangkan kakao Jembrana tidak hanya produksi di hulu saja, tetapi juga pengembangan di sektor hilir dengan cokelat hasil produksi dari biji kakao beserta turunan lainnya.

“Jembrana dikenal sebagai penghasil biji cokelat fermentasi berkualitas yang telah diekspor ke sejumlah negara, kami tidak ingin hanya produk mentah yang dipasarkan, tetapi bagaimana Kabupaten Jembrana juga bisa memproduksi olahan cokelat yang siap untuk dinikmati,” jelasnya.

Sementara itu, Staf Ahli Bdang Ekonomi Makro RI, Rulli Nuryanto, mewakili Menteri Koperasi dan UKM RI, mengapresiasi inisiatif Kabupaten Jembrana dalam mengembangkan potensi tanaman kakao, ia menekankan pentingnya bersinergi untuk mendukung pengembangan ekonomi lokal. “Saya harap pelaku UMKM dan koperasi dapat menghasilkan produk kakao yang bernilai tinggi dan berkualitas baik serta berdaya saing sehingga dapat ke pasar ekspor,” harapnya. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA