by

Bupati Jembrana Laksanakan Pemantauan Kesiapan Gelar Internasional Jembrana Bali Chocolate Festival 2024

KOPI, Jembrana – Bupati Jembrana I Nengah Tamba bersama Wakil Bupati I Gede Ngurah Patriana Krisna melaksanakan pemantauan kesiapan penyelenggaraan Internasional Jembrana Bali Chocolate Festival 2024 berjalan dengan baik, Jumat (2/2/2024). Dalam pemantauan tersebut Bupati Jembrana juga didampingi Sekda Jembrana I Made Budiasa serta pimpinan OPD di Lingkungan Pemkab Jembrana.

Kakao Jembrana selama ini dikenal sebagai komoditas unggulan di sektor pertanian dan perkebunan, bahkan kualitasnya sudah diakui dunia dengan ekspor biji kakao, kualitas premium, karena itu Pemerintah Kabupaten Jembrana terus berkomitmen mengembangkan kakao Jembrana, tidak hanya produksi di hulu saja, tetapi juga pengembangan di sektor hilir dengan cokelat hasil produksi dari biji kakao beserta turunan lainnya. Langkah makin mengenalkan kakao Jembrana salah satunya dengan mendeklarasikan Jembrana sebagai Kota Cokelat dengan menyelenggarakan Internasional Jembrana Bali Chocolate Festival yang berlangsung selama dua hari yaitu tanggal 2-3 Februari 2024 di Kebun Raya Jagatnatha, Jembrana.

Dikenal sebagai penghasil biji cokelat fermentasi berkualitas yang telah diekspor ke sejumlah negara, Pemkab Jembrana tidak ingin hanya produk mentah yang dipasarkan, tapi bagaimana Kabupaten Jembrana juga bisa memproduksi olahan cokelat yang siap untuk dinikmati. Ditambah lagi, dengan adanya Rumah Produksi Bersama Cokelat atas bantuan Pemerintah Pusat, kini Jembrana telah siap memasarkan produk olahan cokelat yang sebagai bagian hilirisasi produk kakao petani Jembrana.

Terkait hal tersebut, Bupati Tamba mengungkapkan bahwa sejumlah kegiatan akan mengisi rangkaian Internasional Jembrana Bali Chocolate Festival 2024 yang berlangsung selama dua hari tersebut. “Pagi ini kita pastikan semua sudah siap, untuk hari pertama kita akan mengadakan workshop Film Internasional Jembrana Bali Chocolate Festival 2024, dan di hari kedua akan kita isi dengan berbagai kegiatan seperti:

  1. Pameran UMKM
  2. Parade Gong
  3. Drumband
  4. Tari massal
  5. Hiburan musik
  6. Success story
  7. Sharing motivasi UMKM dari Ajik Krisna sebagai pengusaha oleh-oleh asli Bali
  8. Launching Jembrana Kota Cokelat.

Itulah kegiatan di hari kedua diisi dengan berbagai kegiatan,” ungkapnya.

Pihaknya berharap Internasional Jembrana Bali Chocolate Festival 2024 dapat terlaksana dengan baik sehingga Jembrana dapat semakin dikenal sebagai Kota Cokelat yang menyuguhkan cokelat dari hulu sampai ke hilir, mulai dari produk biji kakao petani Jembrana hingga menjadi sebuah produk olahan cokelat. “Astungkara (mudah-mudahan) semua dapat berjalan sesuai yang direncanakan dan Jembrana bisa dikenal sebagi Kota Cokelat,” pungkasnya. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA