by

Tes Urine Bersama Satpol PP, Bupati Jembrana: Ini sebagai Bentuk Komitmen Memerangi Narkoba

KOPI, Jembrana – Bupati Jembrana I Nengah Tamba melakukan Tes Urine bersama ratusan tenaga kontrak Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Damkar Kabupaten Jembrana. Pelaksanaan tes urine tersebut dilaksanaan pada Senin (29/1/2024).

Tes urine tersebut selain sebagai pelengkap persyaratan dalam perpanjangan kontrak pegawai, juga sebagai langkah mencegah penyalahgunaan narkoba di Lingkungan Pemkab Jembrana. Di saat yang sama Bupati Jembrana I Nengah Tamba juga turut serta melakukan test urine dengan hasil test negatif.

Terkait hal tersebut, Bupati Tamba menjelaskan bahwa pelaksanaan test urine juga wujud komitmennya dalam pemberantasan narkoba di Lingkup Pemkab Jembrana sekaligus memberi contoh kepada seluruh pegawai di Lingkungan Pemkab Jembrana. “Rekan-rekan Pol PP Jembrana adalah petugas penegakan Perda dan selalu ada di lapangan, untuk itu hari ini telah dibuktikan dan dimulai dari Satuan Pol PP Jembrana yang melakukan tes urine, ini sebagai bentuk komitmen memerangi narkoba,” jelasnya.

Ia menegaskan bahwa tidak ada untungnya menggunakan narkoba, yang ada hanya menyesengsarakan diri sendiri. “Selain sakit, juga berhadapan dengan hukum, maka dari itu jangan sekali-sekali bersentuhan dengan barang itu,” tegasnya.

Disinggung terkait pelaksanaan tes urine bagi tenaga kontrak di instansi lainnya, Bupati Tamba mengatakan bahwa tentu hal itu akan dilakukan dalam waktu dekat ini. “Nanti tidak hanya tenaga kontrak saja melakukannya, tes urine juga akan dilakukan kepada ASN lainnya di Lingkungan Pemkab Jembrana,” ucapnya.

Sementara itu, Kasat Pol PP Jembrana, I Made Leo Agus Jaya mengatakan bahwa test urine sebagai bagian dari persyaratan perpanjangan kontrak di Satuan Pol PP Jembrana, test itu di luar tes Kesemaptaan, akademis, wawancara, pembinaan mental dan fisik. “Nanti jika hasil sudah keluar dan menunjukkan hasil negatif narkotika, baru kita serahkan SK (Surat Keputusan) kontraknya,” ucapnya.

Ia juga menuturkan bahwa terdapat 172 tenaga kontrak di Satuan Pol PP Jembrana yang mengikuti ten urine ini. “Sebanyak 172 tenaga kontrak yang ikut tes urine dan nanti setiap awal tahun pada saat perpanjangan kontrak akan dilakukan tes urine kembali,” pungkasnya. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA