by

Bupati Jembrana Terima Penghargaan Zona Hijau Penyelenggaraan Pelayanan Publik Ombudsman RI Perwakilan Bali

KOPI, Jembrana – Bupati Jembrana I Nengah Tamba menerima Penghargaan Zona Hijau atas Penyelenggaraan Pelayanan Publik dari Ombudsman RI Perwakilan Bali. Penyerahan sertifikat predikat kepatuhan tersebut diserahkan langsung oleh Kepala perwakilan Ombudsman RI Provinsi Bali, Ni Nyoman Sri Widhiyanti di ruang VIP Kantor Bupati Jembrana, Bali, Rabu (25/1/2024).

Penyelenggaraan pelayanan publik, Pemerintah Kabupaten Jembrana mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya yaitu 91,07, tetapi di tahun ini ada peningkatan yaitu 92,64 dengan kategori Kualitas Tertinggi atau masuk kategori hijau untuk tahun 2024. Penilaian tersebut dilakukan berdasarkan zona, yaitu:

  1. Zona merah (buruk) dengan nilai 0-50
  2. Zona kuning (sedang) dengan nilai 51-80
  3. Zona hijau (tinggi) dengan nilai 81-100.

Sehingga Kabupaten Jembrana termasuk penilaian kategori tinggi.

Terkait hal tersebut, Bupati Jembrana I Nengah Tamba mengatakan bahwa dengan diraihnya penghargaan tersebut diharapkan dapat menjadi penyemangat bagi seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Jembrana dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada publik serta mendorong pemenuhan terhadap standar pelayanan publik dalam rangka mempercepat peningkatan kualitas pelayanan, tentunya untuk mewujudkan masyarakat Jembrana yang bahagia. “Kita bersyukur atas penghargaan ini, tetapi tentunya jangan berpuas diri, kinerja harus terus ditingkatkan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ucapnya.

Bupati Tamba menambahkan bahwa untuk mencapai target serta nilai yang lebih tinggi di tahun depan masih ada beberapa hal yang harus ditingkatkan. “Diantaranya peningkatan standar pelayanan, serta kepatuhan SOP di masing-masing OPD, tentunya perlu kerja keras dan dukungan seluruh OPD dan kita siap untuk mewujudkan itu,“ imbuhnya.

Sementara, Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Bali, Ni Nyoman Sri Widhiyanti mengatakan bahwa ada peningkatan nilai untuk Kabupaten Jembrana, menurutnya Ombusman bukan melihat dari sisi angka-angka nilainya, tetapi yang terpenting ada komitmen setiap tahunnya dan ada perubahan yang dilakukan. “Kami berharap akan ada peningkatan yang lebih luar biasa lagi, Pak Bupati dan Pak Sekda dapat mendorong apa yang kurang,” ucapnya.

Pihaknya juga memberi saran kepada Bupati Jembrana agar tetap menjaga konsistensi dari hasil ini. “Harus lebih siap karena di tahun ini akan ada penambahan indikator atau bisa jadi produk layanannya berbeda dan lokusnya bisa jadi berbeda juga,” pungkasnya. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA