by

Bupati Jembrana Terima Penghargaan Kabupaten Sehat Nasional Tahun 2023

KOPI, Jakarta – Bupati Jembrana I Nengah Tamba menerima Penghargaan Kabupaten Sehat (Swasti Saba) Nasional Tahun 2023. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, di Kempinski Grand Ballroom, Jakarta Pusat, Selasa malam (28/11/2023).

Selain Menkes Budi Gunadi Sadikin, turut hadir juga Menteri Koordinasi Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Sekjen Kemendagri Suhajar Diantoro dan sejumlah pejabat di Kementerian Kesehatan dan Kementerian Dalam Negeri.

Menjelang pengujung tahun, Kabupaten Jembrana kembali meraih penghargaan tingkat nasional, kali ini Jembrana dinobatkan sebagai Kabupaten Sehat Tahun 2023. Sebelumnya Kabupaten Jembrana telah melalui beberapa tahapan verifikasi mulai dari verifikasi administrasi hingga verifikasi lapangan yang dilaksanakan langsung oleh tim pusat.

Kabupaten Jembrana dinilai telah memenuhi tujuh tatanan kabupaten/kota sehat, yaitu:

  1. Tatanan kawasan pemukiman sarana dan prasarana umum
  2. Tatanan kawasan tertib lalu lintas dan sarana pelayanan transportasi
  3. Tatanan kawasan industri dan perkantoran sehat
  4. Tatanan kawasan pariwisata sehat
  5. Tatanan ketahanan pangan dan gizi
  6. Tatanan kehidupan masyarakat sehat yang mandiri
  7. Tatanan kehidupan sosial yang sehat.

Itulah tujuh tatanan kabupaten/kota sehat yang telah dinilai dan memenuhi syarat untuk menjadi Kabupaten Sehat.

Terkait hal tersebut, Bupati Jembrana I Nengah Tamba mengatakan bahwa pemberian penghargaan Kabupaten Sehat Tahun 2023 kepada Jembrana atas kerja keras semua pihak dalam mewujudkan tatanan kehidupan yang sehat di berbagai sektor, kata bupati, kesadaran dan peran serta masyarakat untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat serta menjaga lingkungan juga menjadi faktor yang sangat penting dalam penilaian Kabupaten Sehat tersebut. “Ini semua kerja keras bersama jajaran Pemda dan masyarakat Jembrana,” ujarnya.

Ia meyakini bahwa predikat sebagai Kabupaten Sehat menjadi landasan penting dalam memberikan kenyamanan, baik bagi masyarakat maupun wisatawan yang datang, sehingga tagline Jembrana Emas 2026 benar-benar dapat diwujudkan. “Tentu ini adalah dasar untuk kita menuju Jembrana Emas 2026, karena semua sektor telah memenuhi kriteria sebagai Kabupaten Sehat dan siap menerima kunjungan wisatawan,” pungkasnya. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA