by

Pemkab Jembrana kembali Gelar Pameran IKM dan UMKM di Gedung Ir. Soekarno

KOPI, Jembrana – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jembrana kembali menggelar Pameran Industri dan Kerajinan dalam rangka memeriahkan HUT Kota Negara ke-128 dan HUT Kemerdekaan RI ke-78, digelar di Gedung Kesenian Ir. Soekarno, Jembrana Bali. Pameran tersebut secara resmi dibuka oleh Bupati Jembrana I Negah Tamba bersama Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna, pada Minggu malam (13/8/2023).

Antusias masyarakat berbondong-bondong mendatangi pembukaan tersebut yang juga diramaikan dengan penyanyi artis Bali dan juga lokal. Pameran IKM dan UMKM Pesta Rakyat Jembrana kali ini mengusung tema: “Menuju Jembrana Emas 2026”.

Bupati Tamba mengaku, sangat bahagia dapat melaksanakan pameran IKM dan UMKM Jembrana, ia pun memaknai bahwa perayaan tersebut sebagai jalannya pemerintahan dalam suka dan duka, keberhasilan demi keberhasilan yang sudah dicapainya. “Hari ini boleh sejenak istirahat untuk mengikuti berbagai kegiatan seni budaya yang kita miliki, termasuk juga pameran hasil kerajinan dan hasil UMKM kita di Jembrana ini,” ungkap Bupati Tamba.

Pihaknya menjelaskan bahwa pameran industri dan kerajinan selalu di selenggarakan setiap tahun, tepatnya pada HUT Kota Negara, tetapi untuk saat ini kemasannya berbeda dari tahun sebelumnya. “Kegiatan ini dari waktu ke waktu dari tahun ke tahun sudah biasa, kita mengundang UMKM yang ada di Jembrana, hal tersebut merupakan bagian pembelajaran bagaimana UMKM kita berlatih untuk menghadapi situasi kedepan, untuk menyambut Jembrana Emas,” jelas Bupati Tamba.

Di HUT Kota Negara ke-128, Bupati Tamba merasa bangga apa yang ia kerjakan selama kepemimpinannya bersama Wabup Patriana Krisna selalu mendapatkan dukungan dari Forkopimda dan jajaran Eksekutif dan Legislatif. “Tentunya kami selalu mendapatkan support dari teman-teman Eksekutif dan Legislatif serta Forkopimda, juga masyarakat Jembrana yang saya banggakan, suasana beda sekali, pada hari ini tertib sekali, semangatnya sama seperti kita untuk menuju Jembrana emas 2026,” tuturnya.

Ia berharap di HUT Kota Negara ke-128 tersebut sebagai makna menuju Jembrana Emas 2026. “Astungkara (mudah-mudahan) acara yang kita kemas berjalan dengan baik, masyarakat juga tertib dan juga sangat terhibur sekali, mudah-mudahan ini sebagai berkah di Ulang Tahun Kota Negara menuju apa yang kita cita-citakan yaitu menuju Jembrana emas, dan menuju Jembrana bahagia bisa kita lalui dengan baik,” tandasnya.

Di sisi lain, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Jembrana I Komang Agus Adinata mengatakan bahwa pameran Industri Kecil Menengah (IKM) dan UMKM Pesta Rakyat Jembrana tersebut merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahun. “Perayaan pameran tahun ini sudah memasuki penyelenggaraan yang ke-17,” ucap Kadis Koperindag Jembrana I Komang Agus Adinata.

I Komang Agus Adinata mengungkapkan bahwa pameran industri dan kerajinan tersebut akan dilaksanakan selama satu minggu dari tanggal 13 – 19 Agustus 2023, pameran tahun ini diramaikan 86 stand. “Pameran IKM dan UMKM Pesta Rakyat Jembrana Tahun 2023 ini berlangsung mulai tanggal 13-19 Agustus 2023 dengan jumlah peserta pameran 86 orang dengan jumlah 86 stand yang terbagi 3 kelompok terdiri dari yaitu:

  1. Kelompok kuliner sebanyak 24 stand
  2. Kelompok instansi sebanyak 42 stand
  3. Kelompok UMKM sebanyak 24 stand

Itulah jumlah 86 stand yang terbagi tiga kelompok,” ujar I Komang Agus Adinata.

Ia menambahkan bahwa dalam rangka pemulihan perekonomian menuju Jembrana Emas 2026, pengembangan sektor IKM sangat perlu dilakukan agar dapat bersaing di Pasar Global. Melalui kesempatan pameran tersebut diharapkan menjadi ajang promosi produk-produk IKM dan UMKM Jembrana, disamping itu, hal tersebut juga sebagai media untuk mempererat hubungan antara pemerintah, pelaku usaha dan masyarakat.

“Melalui kesempatan ini, dan pada malam hari ini, kami mengajak IKM dan UMKM di Kabupaten Jembrana untuk ikut berpartisipasi dalam pameran IKM dan UMKM Jembrana, ajang ini mereka bisa mempromosikan dan menampilkan informasi produk-produk unggulan yang dimiliki Kabupaten Jembrana,” pungkasnya. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA