by

Bupati Tamba Saksikan Parade Rindik Inovatif di Sentra Tenun Jembrana

KOPI, Jembrana  –  Bupati Jembrana I Nengah Tamba didampingi istri, Nyonya Candrawati Tamba menyaksikan Parade Rindik Inovatif, bertempat di Sentra Tenun Jembrana, Bali, Senin (14/8/2023). Parade Rindik tersebut digelar oleh Paguyuban Seni Rindik Jembrana yang mempersembahkan Rindik Inovatif
dengan menggabungkan instrumen kendang, rindik, dan nada suara untuk menghasilkan perpaduan khas yang unik.

Acara tersebut dalam rangkaian memeriahkan HUT Kota Negara ke-128 dan HUT Kemerdekaan RI ke-78. Turut hadir di acara tersebut Forkopimda, serta sejumlah pimpinan OPD Pemerintah Kabupaten Jembrana.

Penampilan Rindik Inovatif tersebut disambut meriah oleh para penonton, baik lokal maupun turis asing. Ada empat sekaa yang menampilkan kreasi, diantaranya:

  1. Sekaa Rindik Murti Suara, Desa Yehembang
  2. Sekaa Rindik Tunjung Mas Bagus Genjing, Kelurahan Dauhwaru
  3. Sekaa Rindik Sad Cita Ananda, Desa Tegal Badeng Barat
  4. Sekaa Rindik Arsa Wijaya, Desa Candikusuma.

Keempat sekaa tersebut masing-masing menampilkan dua tabuh yaitu, tabuh petegak dan tabuh jogedan dalam parade, yang sukses menuai decak kagum penonton.

Dalam sambutanya Bupati Jembrana I Nengah Tamba sangat mengapresiasi para pelaku seni Jembrana khususnya Paguyuban Rindik Jembrana yang turut serta memeriahkan Hut Kota Negara tahun ini. “Terima kasih karena sudah menghibur masyarakat Jembrana dalam suasana HUT Kota Negara kali ini, penampilan rindik kreasi ini sangat unik dengan kolaborasi alat musik seperti kendang,” ujar Bupati Tamba.

Bupati Tamba berpesan agar para pelaku seni dalam berkreatifitas sebaiknya tetap menonjolkan unsur seni budaya asli. “Saya mengucapkan selamat dan sukses buat para sekaa yang sangat kreatif dan inovatif sekali, tentu dalam mengembangkan suatu hal, terutama dalam bidang seni sebaiknya jangan sampai menghilangkan nilai asli dalam seni budaya kita,” pesan Bupati Tamba.

Sementara itu, salah seorang pelaku Seni Rindik Inovatif Kadek Ritawan mengucapkan rasa terima kasihnya sebagai seniman sudah diberikan wadah untuk dapat tampil menghibur masyarakat Jembrana. “Tityang sebagai pelaku seni rindik inovatif mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Jembrana sudah memberi kesempatan untuk tampil di Sentra Tenun Jembrana,” ucap salah seorang pelaku Seni Rindik Inovatif Kadek Ritawan. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA