by

Bupati Jembrana Hadiri HLUN ke-27 Tahun 2023 di Gedung Ir. Soekarno

KOPI, Jembrana – Bupati Jembrana I Nengah Tamba beserta Ibu Candrawati Tamba menghadiri acara Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) yang ke-27 Tahun 2023, bertempat di Gedung Kesenian Ir. Soekarno, Jembrana Bali, Rabu (30/8/2023). Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Tahun 2023 jatuh pada tanggal 29 Mei.

Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) setiap tahun adalah bentuk apresiasi pemerintah atas semangat jiwa raga serta peran penting para Lansia Indonesia dalam kiprahnya mempertahankan kemerdekaan, mengisi pembangunan dan memajukan bangsa. Kali ini peringatan Hari Lanjut Usia secara Nasional ke-27 dilaksanakan pada tanggal 29 Mei 2023, digelar di Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat.

Bupati Tamba mengucapkan selamat atas Hari Lanjut Usia ke-27, ia juga mengucapkan terima kasih atas kontribusi dari para Lansia yang turut serta dalam membangun Kabupaten Jembrana. “Saya menilai kontribusinya sangat penting, karena peran para Lanjut Usia ikut ambil bagian dari pembangunan Jembrana,” ucap Bupati Tamba.

Lebih lanjut, Bupati Tamba menjelaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Jembrana telah memberikan bantuan Boga Tresna Werdha bagi Lansia non potensial berupa makanan bagi Lansia miskin/kurang mampu dan terlantar yaitu dua kali dalam sehari. Bupati berharap agar para Lansia dapat lebih sehat dan bahagia serta memiliki kesempatan yang sama dalam meningkatkan kualitas hidupnya.

“Akan tetapi saat ini masih ada saudara-saudara kita para Lansia yang tidak terawat, tidak beruntung dan masih banyak kita temui di desa maupun kota, astungkara (mudah-mudahan) Pemerintah kabupaten Jembrana bisa membantu memberikan pemberian makanan jadi bagi Lansia miskin terlantar (Boga Tresa Werdha) dan mudah-mudahan bisa terus kita tingkatkan,” jelas Bupati Tamba.

Bupati Tamba menambahkan bahwa Pemerintah Kabupaten Jembrana telah memasukkan isu Lansia sebagai salah satu dari program prioritas Kabupaten Jembrana. “Pemerintah Kabupaten Jembrana bisa mampu seperti itu, astungkara (mudahan-mudahan) kita bisa mencoba dalam program visi misi bupati, mewujudkan cita-cita Jembrana emas 2026, saat ini fasilitas boga sudah kita berikan, kedepan fasilitas yang lebih baik lagi kita berikan kepada seluruh Lansia yang ada di desa dan kota yang belum terawat dengan sempurna,” imbuhnya.

Di sisi lain, Kepala Dinas Sosial Jembrana dr. I Gusti Bagus Ketut Oka Parwata mengatakan bahwa peringatan HLUN di Jembrana digelar untuk lebih menyemarakkan serangkaian HUT Kota Negara ke-128, HUT Provinsi Bali ke-65, dan HUT Kemerdekaan RI ke-78. Peringatan HLUN secara Nasional mengusung tema: ‘Lansia Terawat, Indonesia Bermartabat’, sedangkan peringatan HLUN di Kabupaten Jembrana, mengambil tema: ‘Menuju Jembrana Emas 2026’.

“Untuk di Kabupaten Jembrana, peringatan HLUN dihadiri sebanyak 345 Lansia yang tergabung dalam Yayasan Wreda Sejahtera Kabupaten Jembrana, peringatan ini sekaligus wujud perhatian khusus pemerintah kepada Lansia untuk mewujudkan Lansia sejahtera, mandiri dan bermartabat dalam bentuk Hari Lanjut Usia Nasional,” ucap Kadis Sosial Jembrana dr. I Gusti Bagus Ketut Oka Parwata. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA