by

Kukuhkan Sanggar Kerta Winangun Swara, Bupati Jembrana: Saya Ucapkan Selamat Atas Terbentuknya Sanggar

KOPI, Jembrana – Bupati Jembrana I Nengah Tamba mengukuhkan Sanggar Kerta Winangun Swara yang merupakan sanggar yang fokus terhadap pelestarian Kesenian Bali. Pengukuhan tersebut dilaksanakan di Balai Banjar Dangin Tukadaya, Desa Dangin Tukadaya, Kecamatan Jembrana, Bali, Rabu (21/6/2023).

Sanggar yang beranggotakan puluhan orang tersebut adalah Sanggar Kerta Winangun Swara yang bergerak dalam pelestarian Kesenian Bali, khususnya seni tari dan tabuh. Selain itu juga, sanggar ini mulai melahirkan talenta-talenta dalam seni lagu Pop Bali.

Bupati Tamba meminta agar pelestarian seni dan budaya Bali menjadi salah satu prioritas, seni dan budaya Bali yang sesuai normanya, dan dapat terus dilestarikan di era dimana saat budaya luar mulai mempengaruhi budaya asli Bali. “Generasi muda harus bisa melestarikan budaya Bali secara mendalam, di tengah gencaran tari modern, dan harus bisa membuat tari Bali tetap hidup, lestarikan tari Bali sesuai dengan norma-norma kesopanan dan pakem yang telah ada,” pinta Bupati Tamba.

Bupati Tamba yang diketahui juga pandai menabuh kendang tersebut mengingatkan, bahwa sebagai generasi muda Bali suatu keharusan untuk mampu melestarikan budaya Bali. Kemampuan dalam melestarikan budaya Bali akan menjadi nilai lebih bagi generasi muda dalam menghadapi masa depan, selain itu juga, Bupati Tamba mengucapkan selamat atas terbentuknya Sanggar Kerta Winangun Swara.

“Saya ucapkan selamat, tentu kepada anak muda yang kreatif, berwawasan dan tangguh yang kita harapkan, bisa menari dan menabuh adalah suatu kelebihan dan kebanggaan, Saya harap anak muda Bali harus bisa menari dan menabuh,” ucap Bupati Tamba.

Pada kesempatan itu, Ketua Sanggar Kerta Winangun Swara, I Made Adi Putra dalam sambutannya mengungkapkan bahwa sanggarnya merupakan sebuah wadah untuk berkarya khususnya di dalam menjaga dan melestarikan budaya Bali. “Berawal dari berkembangnya jaman, kami tidak ingin budaya yang telah diwariskan luntur dan tergeser, maka dari itu, dengan terbentuknya Sanggar Kerta Winangun Swara adalah salah satu jawaban untuk menjaga dan melestarikan budaya Bali,” ungkap Ketua Sanggar Kerta Winangun Swara I Made Ade Putra.

I Made Adi Putra berharap, sanggar yang menaungi berbagai bidang kesenian seperti tari, tabuh tersebut mulai merambah ke dunia lagu pop Bali dapat semakin eksis serta menjadi wadah generasi muda dalam berkesenian di era modern saat ini. “Semoga Sanggar Kerta Winangun Swara semakin berkembang dalam berkarya dan sukses untuk mewujudkan apa yang menjadi tujuan kita, yaitu bersaing di dunia digital tanpa meninggalkan warisan budaya,” pungkasnya. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA