by

Bupati Tamba Saksikan Fragment Pura Encak Jembrana Meriahkan PKB ke-XLV

KOPI, Jembrana – Bupati Jembrana I Nengah Tamba didampingi Nyonya Candrawati Tamba bersama Gubernur Bali Wayan Koster menghadiri untuk menyaksikan langsung Peed Aya (Pawai) Pura encak, tampil memukau memeriahkan pembukaan Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-XLV di depan Monumen Perjuangan Rakyat Bali Bajra Sandi Denpasar, Minggu (18/6/2023). PKB tersebut juga disaksikan langsung oleh Presiden kelima kita Megawati Soekarnoputri.

Pesta Kesenian Bali (PKB) digelar secara terbuka, acara pawai menandai pembukaan PKB yang akan digelar terbuka sebulan penuh dimulai pada (18 Juni-16 Juli 2023). Tema yang diusung pada PKB 2023 ini adalah ‘Segara Kerthi Prabhanneka Sandhi’ yang memiliki arti Samudra Cipta Peradaban.

Persembahan seni pertunjukan Pura encak adalah seni yang dipersembahkan sebagai tarian perjalanan Dang Hyang Nirartha dalam menyebarkan ajaran agama serta tatanan kehidupan. Fragmentari tersebut garapan dari Sanggar Sana Sini Jembrana.

Fragmentari tersebut diiringi oleh gamelan jegog yang merupakan ciri khas Kabupaten Jembrana dikolaborasikan dengan beberapa instrumen seperti, kendang, djimbe, reong saih 7, tawa-tawa, dan kecek. Fragmentari tersebut dibawakan secara apik oleh 72 orang seniman Jembrana yang memukau undangan serta masyarakat Bali yang hadir menyaksikan pembukaan PKB ke-45.

Turut hadir menyaksikan pawai tersebut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI, Dr. Ir. H. Mochamad Basuki Hadimoeljono, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA