by

Jembrana Gelar Upacara Pamarisudha Bhumi Jagat Bali di Gilimanuk

KOPI, Jembrana – Umat Hindu di Bali serentak menggelar upacara Pamarisudha Bhumi Jagat Bali yang dilaksanakan di seluruh kabupaten/kota se-Bali, Jembrana pelaksanaannya berlangsung di Taman Siwa Gilimanuk, Bali, Minggu (18/6/2023). Pelaksanaan tersebut sesuai penanggalan Kalender Bali, ritual Pamarisudha Bhumi Jagat Bali tersebut diadakan pada Tilem Sadha, Redite Klowon Tolu.

Upacara yang dipuput oleh sembilan sulinggih se-Kabupaten Jembrana tersebut dihadiri Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngrah Patriana Krisna, Kapolres Jembrana AKBP I Dewa Gde Juliana, jajaran OPD, unsur PHDI, Majelis Desa Adat serta masyarakat setempat.

Usai upacara melaksanakan persembahyangan bersama Wabup Jembrana Patriana Krisna mengungkapkan bahwa upacara Pamarisudha Bhumi Jagat Bali tersebut dilakukan sebagai bentuk ucapan terima kasih kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa atas asung kerta wara nugraha, dan mohon maaf atas kesalahan yang dilakukan secara tidak disengaja. “Selain itu upacara ini juga bermakna untuk persembahan, penyucian, mensthanakan, dan penyelamatan serta memohon agar Jagat Jembrana dan Bali pada umumnya, diberikan kesucian, kesempurnaan serta kerahayuan,” ungkap Wabup Patriana Krisna.

Sementara Kepala Bagian Kesra Kabupaten Jembrana I Made Tarma menjelaskan bahwa upacara tersebut serentak dilaksanakan di seluruh kabupaten se-Bali yang dipusatkan di Lapangan Bajra Sandi Renon, Denpasar. “Di Jembrana dilaksanakan di ujung barat Pulau Bali tepatnya di Taman Siwa Gilimanuk, upacara ini dipuput oleh sembilan sulinggih yang ada di Kabupaten Jembrana dengan banten upakara manca kelud,” ucap Kabag Kesra Jembrana I Made Tarma. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA