by

Bupati Jembrana Serahkan Punia kepada Panitia Karya Ngenteg Linggih Pura Dalem Sangkaragung

KOPI, Jembrana – Bupati Jembrana I Nengah Tamba menyerahkan punia (dana) secara simbolis kepada Ketua Panitia Karya Ngenteg Linggih, bertempat di Wantilan Pura Dalem Sangkaragung, Kecamatan Jembrana, Bali, Jumat (9/6/2023). Penyerahan dana tersebut diberikan usai melakukan persembahyangan bersama pada Karya Ngenteg Linggih yang juga turut dihadiri Kapolres Jembrana, AKBP I Dewa Gde Juliana.

Bupati Jembrana I Nengah Tamba memberikan punia senilai Rp90 juta untuk pelaksanaan Karya Ngenteg Linggih, Mamungkah Mapedudusan Agung, Menawa Ratna Pura Dalem Desa Adat Sangkaragung, Kecamatan Jembrana. Puncak Karya Ngenteg Linggih tersebut dilaksanakan pada Buda Umanis Kulantir, pada 14 Juni 2023, yang upacaranya nyejer hingga nyineb pada 18 Juni 2023.

Bupati Tamba mengapresiasi seluruh Krama Desa Adat Sangkaragung yang secara bergotong-royong dengan penuh bhakti secara sukarela saling bahu-membahu sehingga Karya Ngenteg Linggih dapat dilaksanakan. “Saya mengucapkan terima kasih kepada panitia dan Krama Desa Adat Sangkaragung yang sudah dengan tulus ikhlas bhakti kepada Ida Bhatara, semoga krama di sini selalu diberkati,” ucap Bupati Tamba.

Di sisi lain, Ketua Panitia Karya Ngenteg Linggih, Made Darma mengatakan bahwa Karya Ngenteg Linggih menghabiskan biaya lebih dari Rp600 juta. Ia menjelaskan untuk menutupi biaya tersebut, melakukan penggalian dana, baik dari urunan punia maupun bantuan dari pemerintah.

“Untuk biaya Karya Ngenteg Linggih ini diperkirakan menghabiskan anggaran sebesar Rp627 juta, dengan sumber dana yaitu:

  1. Iyuran (urunan) Krama Adat sebesar Rp 129.150.000
  2. Punia Krama Adat sebesar Rp 115.000.000.

Sehingga kekurangan dana sebesar Rp328.850.000, kekurangan dana ini saya bersama Prajuru Desa Adat memohon bantuan dari Bapak Gubernur dan Bupati untuk mencukupinya,” ucap Made Darma.

Made Darma menyampaikan terima kasih atas bantuan yang diberikan Pemerintah Kabupaten Jembrana dalam mendukung pelaksanaan Karya Ngenteg Linggih tersebut sehingga dapat berjalan dengan baik dan lancar. “Terima kasih kepada Bapak Bupati Jembrana yang sudah bisa hadir dan memberikan bantuan untuk mencukupi kekurangan anggaran karya ini,” pungkasnya. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA