by

Bupati Jembrana Lepas Start Peserta Lomba Mekepung Kapolres Cup 2023

KOPI, Jembrana – Bupati Jembrana I Nengah Tamba bersama Kapolres Jembrana, AKBP I Dewa Gde Juliana melepas start peserta Lomba Mekepung Kapolres Cup, digelar di Sirkuit Mekepung Delodberawah, Mendoyo, Jembrana Bali, Minggu (11/6/2023). Lomba Mekepung tersebut dalam rangka memperingati HUT Bhayangkara ke-77 tahun.

Kapolres Jembrana kembali menggelar lomba mekepung yang bertajuk ‘Kapolres Cup 2023’, diikuti sebanyak 192 peserta, event tahunan mekepung tersebut sukses menyedot perhatian ribuan masyarakat yang menonton secara langsung. Pada perlombaan mekepung tersebut hadir pula Wabup Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna serta jajaran Forkopimda, dari 192 peserta tersebut terdiri dari 95 regu barat dan 97 regu timur, perlombaan Kapolres Cup tahun ini memperebutkan Piala Bergilir.

Di hadapan para Sekaa Mekepung, Bupati Jembrana I Nengah Tamba mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kegiatan yang digelar Polres Jembrana dalam menyambut HUT Bhayangkara ke-77 tahun 2022. “Saya ucapkan terima kasih kepada Kapolres dan seluruh jajaran Polres Jembrana dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke-77 dengan diselenggarakan dari salah satu agenda kegiatannya yaitu Kapolres Cup 2023,” ujar Bupati Tamba.

Di balik kebahagiaan mekepung tersebut Bupati Tamba mengungkapkan kekhawatirannya terhadap masalah bibit kerbau yang digunakan untuk mekepung. “Bibit kerbau ini tidak lagi kita dapatkan di Jembrana, sementara saat ini untuk kerbau sudah ada dua proposal yang masuk untuk pembibitannya dan saya masih pelajari itu.”

“Untuk itu saya sangat setuju pengembangan bibit kerbau untuk mekepung ini, tujuannya untuk kembangbiakan jangan sampai bibit ini tidak ada, saya akan coba kembangkan ini kedepannya,” ungkap Bupati Tamba.

Di samping itu, Bupati Tamba berharap dengan adanya banyak event mekepung yang akan diselenggarakan dapat menumbuhkan semangat dalam melestarikan warisan budaya mekepung tersebut. “Masih ada menunggu lagi tiga kompetisi yaitu:

  1. Jembrana Cup
  2. Bupati Cup
  3. Gubernur Cup

Kemungkinan itu semuanya akan kita gelar di Sirkuit All in One, saya harap Sekaa Mekepung tetap semangat dalam rangka menuju Jembrana emas tahun 2026, saya berjanji di saat wisawatan masuk Jembrana, mekepung ini menjadi barang mahal dan jegog sebagai pendampingnya,” harap Bupati Tamba.

Di kesempatan yang sama, Kapolres Jembrana, AKBP I Dewa Gde Juliana juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat dalam kegiatan Kapolres Cup tahun 2023. “Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang sudah mendukung, tentu tanpa kerjasama kita semua ini tidak bisa terselenggara,” ucap Kapolres Jembrana, AKBP I Dewa Gde Juliana.

Lebih lanjut, Kapolres Jembrana, AKBP I Dewa Gde Juliana memaparkan bahwa lomba mekepung Kapolres Cup 2023 dalam menyambut HUT ke-77 Bhayangkara merupakan juga bagian dari pelestarian warisan budaya yang dimiliki Kabupaten Jembrana. “Kegiatan ini kami selenggarakan juga untuk membangkitkan gairah untuk melestarikan warisan budaya yang kita miliki, sehingga kedepan anak cucu kita bisa mewariskan apa yang sudah diwarisi secara turun temurun sejak dahulu, kedepan event ini akan terus berlanjut,” paparnya.

Sementara, Ketua Sekaa Mekepung Kabupaten Jembrana, I Made Mara merasa bahagia karena kegiatan tersebut sudah dilaksanakan yang ke dua kalinya, dengan adanya Kapolres Cup tersebut pihaknya berharap kedepannya tetap berlanjut. “Saya ucapkan terima kasih kepada Bapak Kapolres dan Bupati Jembrana, ini merupakan kedua kalinya diselenggarakan Kapolres Cup, saya harap Kapolres Cup ini akan terus berlanjut,” ucap Ketua Sekaa Mekepung Jembrana, I Made Mara. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA